Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jabar Targetkan Kenaikan TPP Guru SMA/SMK pada 2018

Jabar Targetkan Kenaikan TPP Guru SMA/SMK pada 2018 Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Pada 2018 mendatang Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menargetkan kenaikan TPP guru SMA/SMK. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, saat ini?TPP yang diperoleh tenaga pengajar tersebut masih berbeda sesuai dengan yang diberikan daerah masing-masing.

"TPP yang diterima guru SMA/SMK di Jabar bervariatif, mulai dari Rp150 ribu hingga Rp2 juta. Dia mengakui, mayoritasnya masih dibawah Rp600 ribu. Seiring alih kelola ke provinsi, TPP guru akan dinaikan," katanya kepada wartawan di Bandung, Selasa (10/1/2017)

Heryawan mengatakan, mulai tahun ini seluruh gaji guru SMA/SMK menjadi kewajiban Pemprov Jabar. Pihaknya pun mengaku sudah membayarkan gaji mereka untuk Januari ini. "Untuk bulan ini gaji guru SMA/SMK sudah dibayar,"ujanya.

Namun, masih terdapat sebagian guru SMA/SMK yang belum menerima gaji pada bulan ini. Hal ini karena masih adanya perbaikan administrasi terkait alih tenaga kependidikan ini.Hal serupa pun terjadi pada aparatur sipil negara (ASN) di organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya. Keterlambatan gaji ini seiring adanya penyesuaian SOTK yang baru di awal tahun ini.

"Administrasi peralihan mereka masih ada yang harus dilengkapi. Jadi secara de facto mereka sudah di provinsi, tapi SK-nya masih di kabupaten/kota," katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jabar Suwarman mengatakan, hanya tinggal sedikit yang peralihannya belum tuntas. Dari sekitar 29 ribu tenaga pendidik yang beralih ke provinsi, hanya seribuan saja yang belum lengkap proses administrasinya. "Tinggal dua persen. Itu belum lengkap, bukan belum diurus (proses peralihannya)," kata Suwarman.

Menurutnya, jumlah guru yang beralih mencapai 24 ribu, sedangkan tenaga kependidikan mencapai 2.500 orang. "Sisanya bagian Tata usaha,"pungkasnya.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: