Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2017 KCJ Targetkan Melayani 292,4 Juta Penumpang

2017 KCJ Targetkan Melayani 292,4 Juta Penumpang Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) sepanjang tahun 2016 telah melakukan modernisasi layanan KRL Jabodetabek diberbagai bidang dengan fokus pada penambahan kapasitas angkut dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna. Modernisasi dilakukan diberbagai bidang seperti perawatan sarana KRL, penyediaan sarana informasi, fasilitas layanan hingga aksesibilitas dan keselamatan pengguna. Hal ini disampaikan oleh Muhammad Nurul Fadhila, Direktur Utama PT KCJ saat melakukan paparan kinerja KCJ 2016 dan Outlook tahun 2017 di Jakarta, Rabu (11/01). Hadir juga Direktur Operasi dan Pemasaran Subakir, Direktur Teknik Fredi Firmansyah, dan Direktur Keuangan dan Administrasi Ari Mulyono Madyo Saputro.

Menurut Fadhil pada tahun 2016 KCJ talah mengoperasikan 18 rangkaian dengan formasi 12 kereta dan 29 rangkaiandengan formasi 10 kereta, melakukan perluasan hall strasiun, pemasangan guiding block (ubin penunjuk arah) bagi penyandang disabilitas, juga pembangunan Jempatan Penyeberangan Orang (JPO) dan underpass stasiun. ?Sehinnga tahun 2016 kita berhasil melayani sebanyak 280.588.767 penunpang, jumlah ini meningkat 8,9% dibanding 2015,? tutur Fadhila.

Namun demikian, lanjut Fadhil, tahun 2016 KCJ hanya mampu mencapai 93,8% realisasi program. ? bukan tidak mungkin kami untuk mencapai 100% dari terget, misal dengan menambah frekuansi perjalanan, tapi kalo ini dilakukan berarti kita memaksakan yang akan berdampak pada menurunya kualitas palayanan, menjadi lebih ruwet, waktu tunggu yang makin panjang dan ini tentu akan lebih banyak keluhan,? ujarnya.

Untuk rencana kerja atahun 2017, Fadhil mengungkapkan,akan meningkatkan jumlah penunpang, solusi yang akan ditempuh adalah dengan menambah jumlah rangkaian kereta. ?Rangkaianya yang kita tambah bukan frekuansinya,? tegasnya.

Namun pengadaan gerbong baru bukan pula hal yang mudah, karena unit baru haruslah memiliki teknologi yang sama seperti untuk buka tutup pintu, lapu, AC dan pengereman harus dapat dilakukan dari kabin masini. ? dengan demikian kita targetkan tahun ini PT KCJ dapat melayani sebanyak 292.340.798 penumpang atau bertambah sebanyak 12 juta penumpang

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Advertisement

Bagikan Artikel: