Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Komisi III Apresiasi KPK OTT 17 Kasus di 2016

Komisi III Apresiasi KPK OTT 17 Kasus di 2016 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sepanjang tahun 2016. Lembaga antirasuah itu dinilai telah memecahkan rekor dalam melakukan operasi tangkap tangan (OTT) sebanyak 17 kasus.

"Itu sebagai rekor terbesar sejak KPK berdiri," kata Bambang di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (18/1/2017).

Kendati demikian, politikus Partai Golkar ini meminta KPK harus menyasar kasus yang berdampak besar. "Tidak lagi main yang kecil-kecil, namun kita apresiasi KPK," imbuhnya.

Dia menyebut beberapa pekerjaan rumah (PR) yang dianggap masih menjadi utang KPK, yakni kasus Bank Century, Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), pembelian lahan RS Sumber Waras, korupsi di PT Pelindo, Hambalang, dan lain-lain.

"Golkar berharap KPK bisa menyelesaikan tunggakan beberapa kasus besar tersebut pada tahun 2017. Semoga di tahun ini bisa lebih baik lagi dan bisa menyelesaikan kasus-kasus besar tadi di tahun 2017 ini," terangnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan menyatakan ini merupakan sejarah baru dan hal itu bukan karena kerja KPK sendiri tetapi ada juga peran dari masyarakat.

"Keberanian masyarakat untuk melaporkan pidana korupsi semakin meningkat. Serta sudah pasti respons pihak KPK yang segera dan cepat merespons," ungkapnya.

Dia mengklaim bahwa dari upaya penindakan yang dilakukan KPK sepanjang tahun 2016 menghasilkan pemasukan negara sebesar Rp497,6 miliar. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun 2015 di mana penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari KPK saat itu sebesar Rp211,9 miliar.

"Lebih dari Rp497,6 miliar masuk ke kas negara dalam bentuk PNBP. Ini hasil dari penanganan tindak pidana korupsi tahun 2016 dan sebelumnya yang telah diselesaikan," kata Basaria.

Baca Juga: Anggaran Pilkada Serentak di Bali Capai Rp 456,9 Miliar Lebih

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: