Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DKP DIY Yakin Cuaca Dukung Produksi Ikan 2017

DKP DIY Yakin Cuaca Dukung Produksi Ikan 2017 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Yogyakarta -

Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta optimistis kondisi cuaca selama 2017 akan mendukung peningkatan produksi ikan tangkap.

"Kami meyakini selama 2017 cuaca lebih membaik dan mendukung tangkapan ikan laut dibanding 2016," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY Sigit Saptoraharjo di Yogyakarta, Minggu (22/1/2017).

Menurut Sigit kondisi cuaca yang tidak stabil dengan tingginya curah hujan selama 2016 cukup memengaruhi perolehan produksi ikan tangkap maupun budi daya di daerah itu, sehingga produksi ikan tangkap pada 2016 hanya tercapai 86 persen dari target 7.600 ton ikan. "Kami akui perolehan ikan tangkap agak menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," kata dia.

Ia mengatakan bukan hanya tangkapan ikan laut, bahkan ikan budi daya darat juga terpengaruh terhadap kondisi cuaca.

Ia menyebutkan produksi ikan tangkap laut pada 2017 ditargetkan mencapai 8.100 ton pada 2017 atau meningkat 6,6 persen dari 2016 yang menetapkan target 7.600 ton. Sedangkan untuk perikanan budi daya ditargetkan mencapai 78.000 ton pada tahun ini.

Kepala Bidang Perikanan DKP DIY Suwarman Partosuwiryo mengatakan selain diperkirakan cuaca membaik, pada 2017 DKP DIY akan kembali memberikan hibah empat kapal 10 grosston (GT) kepada nelayan. Sedangkan untuk sektor perikanan budi daya ada tambahan bantuan induk ikan, benih ikan, pakan ikan, kolam, obat-obatan ikan, dan sarana lainnya. "Kami juga memberikan dukungan pendampingan dan bimbingan teknis kepada nelayan," kata dia.

Menurut Suwarman, beralihnya profesi sebagian nelayan di Kabupaten Bantul dan Kulon Progo menjadi pembudidaya udang vaname juga menjadi salah satu faktor penyebab belum tercapainya target produksi ikan tangkap pada 2016 "Sebagian nelayan memilih beralih menekuni usaha tambak udang sehingga produksi ikan tangkap berkurang," kata Suwarman. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: