Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2016, Kredit BCA Tumbuh Melandai

2016, Kredit BCA Tumbuh Melandai Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mencatatkan pertumbuhan kredit yang melandai pada tahun 2016 lalu. Perseroan hanya mampu meraih peningkatan kredit sebesar 7,3%-7,5% hingga Desember tahun lalu, padahal di tahun 2015 lalu pertumbuhan kredit perseroan masih sanggup berada di angka 11,8%.

Sepanjang tahun 2015 lalu jumlah kredit perseroan berhasil menembus angka Rp443,6 triliun. Dengan realisasi pertumbuhan yang hanya mencapai kisaran 7%, diproyeksikan hingga akhir tahun lalu BCA meraih angka kredit sebesar Rp462,67 triliun hingga Rp474,65 triliun.

Meski begitu, Presiden Direktur Bank Central Asia Jahja Setiaatmadja mengatakan bahwa untuk tahun ini perseroan lebih optimistis dalam penyaluran kredit.

"Kita masuk di semua sektor karena di setiap sektor ada yang incharge di sana," katanya di Jakarta, Senin (30/1/2017).

Selama ini portofolio kredit perusahaan banyak bergantung pada sektor korporasi dan juga konsumer. Hal tersebut terefleksi dalam capaian kinerja perseroan di kuartal tiga tahun lalu di mana portofolio kredit korporasi meningkat 12% menjadi Rp126,1 triliun.

Sementara kredit komersial dan usaha kecil menengah (UKM) tumbuh 9,3% menjadi Rp140,4 triliun, sedangkan untuk kredit konsumer tumbuh 9,8% menjadi Rp98,5 triliun.

Dalam portofolio kredit konsumer, kredit pemilikan rumah (KPR) mencatat pertumbuhan sebesar 9,5% menjadi Rp58 triliun; kredit kendaraan bermotor (KKB) naik 10,6% menjadi Rp31,6 triliun; dan kartu kredit tumbuh 8,8% menjadi Rp8,9 triliun.

Terkait dengan proyeksi perolehan dana pihak ketiga (DPK) pada tahun ini, Jahja menambahkan perseroan agak menahan laju perolehan DPK-nya. Jika pada tahun lalu DPK perseroan diproyeksikan mencapai pertumbuhan 12%, di tahun ini BCA hanya menargetkan perolehan dana pihak ketiga di angka 7%.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gito Adiputro Wiratno
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: