Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank Wakaf Ventura Bakal Launching Sebelum Ramadhan tahun 2017

Bank Wakaf Ventura Bakal Launching Sebelum Ramadhan tahun 2017 Kredit Foto: Ferry Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menggelar diskusi dengan tema "Selamat Datang Bank Wakaf Ventura Indonesia" di Kantor ICMI Pusat, Kemang, Jakarta Selatan. Wakil Ketua Baznas sekaligus penggagas bank wakaf ICMI Zainul Bahar Noor mengatakan tujuan dibentuknya bank wakaf adalah mensinergikan sumber dana wakaf yang sudah ada selama ini sekaligus mendorong sumber dana pemerintah agar meningkat.

Menurutnya, potensi dana wakaf sangat besar, tetapi saat ini penghimpunannya masih terbilang kecil yakni hanya sekitar Rp20 miliar hingga Rp40 miliar. "Potensinya sangat besar," kata Zainul di sela diskusi, Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Sementara itu, anggota Pokja Pembentukan Bank Wakaf Ventura sekaligus Wakil Bendahara ICMI, Suhaji Lestiadi menjelaskan saat ini konsep bank wakaf ventura sudah matang secara konsep.

Dan tidak sampai satu tahun, gagasan tersebut akan dilaksanakan tepatnya sebelum Ramadhan atau sekitar bulan Juni 2017. Dia menambahkan dalam awal pembentukannya, modal dasar diperkirakan Rp1 triliun dengan modal awal disetor minimal Rp200 miliar.

"Modal awal disetor Rp200 miliar yang setiap tahunnya akan bertambah sesuai dengan penghimpunan dana wakaf. Dari ICMI modal dasar inginnya Rp1 trilliun. Presiden menyatakan ingin jadi yang memodali pertama kali, sedang didiskusikan," pungkas Suhadji dikesempatan yang sama.

Lebih lanjut dia menambahkan pemegang saham nantinya akan berasal dari ormas Islam. Pada tahap awal, diperkirakan akan ada sekitar 20 ormas Islam sebagai pemegang saham, dengan tiga pemegang saham pengendali. Adapun tiga pemegang saham pengendali yakni Baznas, Badan Wakaf Indonesia dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: