Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

APP Sinar Mas Dukung Program Indonesia Bebas Sampah 2020

APP Sinar Mas Dukung Program Indonesia Bebas Sampah 2020 Kredit Foto: App Sinar mas
Warta Ekonomi, Serang -

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menunjukkan dukungan penuh terhadap program Indonesia Bebas Sampah 2020 dengan mengadakan Aksi Pencegahan Perubahan Iklim. Bertempat di Kantor Bupati Serang, APP Sinar Mas turut bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Serang serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Gerakan ini sejalan dengan komitmen APP Sinar Mas yang tertuang dalam APP Sustainability Roadmap: Vision 2020 untuk memaksimalkan upaya pengurangan limbah dan sampah, baik di dalam maupun di luar wilayah operasinya.

Direktur unit industr PT. Indah Kiat Pulp & Paper Serang ? APP Sinar Mas, Heppy Moiras mengatakan, ?Penanggulangan dan pengelolaan sampah yang terjadi di sekitar kita tidak hanya menjadi tanggung jawab satu pihak saja. Perlu adanya kolaborasi dari seluruh pihak mulai dari jajaran pemerintah, pelaku bisnis, dan sudah tentu dukungan dari masyarakat luas.?ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Redaksi Warta Ekonomi di Jakarta, Senin (6/2/2017).

Hal ini diamini oleh Sarwono Kusumaatmadja sebagai perwakilan KLHK yang hadir, ?Kurangnya edukasi publik menyebabkan masalah sampah semakin memprihatinkan, dan gerakan ini sangat baik untuk meningkatkan kesadaran seluruh lapisan di dalam masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah yang berkelanjutan, termasuk bagi anak-anak sekolah di usia dini.?katanya.

Rangkaian acara kali ini terdiri dari beberapa sesi talkshow yang melibatkan KLHK melalui Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 serta Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam dengan tema pengurangan sampah plastik dan pencegahan perubahan iklim.

Ketua Indonesia Environmental Scientist Association (IESA) akan turut menjadi pembicara dalam diskusi mengenai pengurangan sampah plastik, yang ditutup dengan sesi dari Mitra Kreasi yang ?akan berbagi pengalaman mengenai tantangan dan pengembangan kerajinan ?kertas daur ulang.

Tak sampai di situ, para peserta juga diajak mengunjungi home industry di antara masyarakat lokal Serang yang memanfaatkan kertas bekas untuk pembuatan kantong plastik, suvenir dan kebutuhan masyarakat lainnya.?

Selain itu, APP Sinar Mas juga mendukung penyelenggaraan workshop atau lokakarya bagi masyarakat setempat. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dasar mengenai sampah plastik, pengelolaan sampah berbasis masyarakat, serta edukasi mengenai pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah.

?Berbagai macam dukungan, gerakan, dan aktivitas yang dijalankan oleh APP Sinar Mas ini merupakan bentuk komitmen jangka panjang kami untuk terus mendorong penanganan dan pengelolaan sampah plastik yang telah dilakukan di Kabupaten Serang. Kami berharap agar kedepannya semakin banyak lagi kerjasama dan kolaborasi terkait pengelolaan sampah dari berbagai pihak untuk mendukung pemberdayaan masyarakat serta pemeliharaan lingkungan yang berkelanjutan,? tutup Heppy.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Vicky Fadil
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: