Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2016, Taspen Berhasil Salurkan Kredit Mikro Hingga Rp80 Miliar

2016, Taspen Berhasil Salurkan Kredit Mikro Hingga Rp80 Miliar Kredit Foto: Tri Yari Kurniawan
Warta Ekonomi, Lubuk Linggau -

PT Taspen (Persero) sebagai badan usaha milik negara telah melaksanakan program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) di 2016 melalui penyaluran kredit mikro senilai hampir Rp80 miliar.

"Untuk PKBL tahun lalu, kami menyalurkan kredit mikro hampir Rp80 miliar," kata Direktur Umum Taspen Bagus Rumbogo dalam acara peresmian kantor cabang baru Taspen di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Rabu (8/2/2017).

Dia mengatakan PKBL atau tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) BUMN oleh Taspen dilakukan dengan memberikan pinjaman bagi mitra binaan program kemitraan.

"Kami berikan kredit murah kepada pengusaha UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) program kemitraan dan bina lingkungan dengan bunga 6 persen setahun," ucap Bagus.

Jumlah pinjaman untuk setiap mitra binaan maksimum sebesar Rp75 juta. Bagus menjelaskan bahwa program kemitraan tersebut tidak terbatas pada aparatur sipil negara (ASN) atau pensiunan ASN saja namun juga kepada masyarakat umum.

Selain meresmikan kantor cabang baru di Lubuklinggau, Taspen juga menyelenggarakan program bina lingkungan dengan membangun sarana pendidikan, kesehatan dan tempat ibadah agar dapat dimanfaatkan masyarakat setempat.

Hingga Februari 2017, jumlah kantor cabang Taspen berjumlah 55 kantor di seluruh Indonesia yang secara total melayani 6,8 juta peserta, terdiri atas 4,4 juta PNS aktif dan 2,4 juta pensiunan dengan total pembayaran pensiun bulanan sekitar Rp5 triliun.

Secara nasional, untuk menambah kualitas layanan, Taspen terus berinovasi dengan berupaya menerapkan klaim otomatis pencairan dana pensiun agar dapat diakses oleh seluruh kantor cabang pada 2018 mendatang.

Klaim otomatis tersebut berarti ketika memasuki masa pensiun, ASN tidak lagi harus mengurus uang pensiun ke Taspen tetapi dananya akan langsung diantar ke rumah pensiunan atau ditransfer. "Layanan ini membantu pensiunan agar tidak perlu repot mengantre," kata Bagus. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: