Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemasaran Via Daring Google Bisnisku Bisa Kembangkan UKM

Pemasaran Via Daring Google Bisnisku Bisa Kembangkan UKM Kredit Foto: Reuters/Charles Platiau
Warta Ekonomi, Solo -

Head Of Corporate Communications Google Indonesia Jason Tedjasumana mengatakan pemasaran daring menggunakan konten "Google Bisnisku" yang memungkinkan dapat membantu mengembangkan bisnis untuk usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Solo.

"Kami sedang melakukan sosialisasi kepada UKM-UKM tentang manfaat Google Bisnisku ini, dapat mengembangkan bisnis mereka dengan cepat, kata Jason Tedjasumana di sela kunjungan di UMK Shoes and Care di Solo, Senin (13/2/2017).

Menurut Jason Tedjasumana konten Google Bisnisku merupakan platform gratis dari Google yang memungkinkan bisnis untuk ditampilkan di Google Penelusuran, Maps, dan Google Plus.

Jason Tedjasumana mengatakan manfaat utama Google Bisnisku antara lain perbaruan informasi bisnis di penerlusuran, Maps dan Google Plus dari satu tempat , sehingga mudah untuk berhubungan dengan pelanggannya. Pembaruan alamat, nomor telepon, dan jam operasional bisnis kapan saja.

Selain itu, kata dia, tambah foto menarik sehingga pelanggan bisa melihat keunikamn dari bisnis yang ditawarkan, masyarakat dapat membantau semua ulasan d seluruh web, pahami cara orang lain menemukan dan berinteraksi, UKM bisa berhubungan langsung dengan penggemar atau pelanggan.

Jason Tedjasumana mengatakan proses mendaftar ke Google Bisnisku sangta mudah dan gratis. Pemilik bisnis atau UKM hanya perlu masuk ke akun Gmail dan berkunjung ke www.google.co.id/bisnisku dari komputer destop atau martphone.

Menurut dia, jika sudah terdaftar, mereka bisa meminta kode verifikasi yang akan dikirim oleh Google melalui pos dalam waktu beberapa minggu. Setelah diverifikasi, akun Google Bisnisku dapat dikelola dari aplikasi tersebut kapan saja.

Head of SMB Marketing Google Indonesia, Fida Heyder, mengatakan, Google Indonesia untuk membantu para bisnis UKM agar berkembang telah menurunkan tim ke barbagai kota di Indonesia termasuk Kota Solo.

"Kami ke Solo karena kota ini merupakan salah satu kota tempat bisnis kerajinan atau Handycraft yang memiliki kelas ekspor. Perajin dengan menggunakan akun Google Bisnisku tersebut bisa memasarkan barangnya hingga dikenal ke pasar luar negeri," kata Fida Heyder.

Fida telah mendata sekitar 500 ribu UKM di seluruh Indonesia yang telah mendaftarkan di akun Google Bisnisku.

Oleh karena itu, kata Fida, Google datang ke Solo untuk membantu para UKM agar bisnisnya berkembang lebih baik dengan menggunakan Google Bisnisku ini.

"Kami di Solo selain mengunjungi toko layanan pembersih dan perawatan sepatu dan tas, Shoes and Care milik Tirta Mandira, dan Toko Roti Ganep milik Cecilia Maria Purnadi," katanya.

Menurut Tirta Mandira pemilik Shoes and Care di Solo, bisnis layanan pembersih dan perawatan sepatu pada 2015 penghasilan rata-rata Rp1,5 juta hingga Rp2 juta setiap bulannya. Namun, berkat promosi melalui online melalui Google Bisnisku kini penghasilkan rata-rata menjadi Rp8 juta hingga Rp10 juta per bulan.

"Kami mempunyai pelanggan melalui online lebih banyak dibanding offline. Kami sekarang sudah mengembangkan bisnis dan memiliki 20 gerai Shoes and Care di Indonesia," kata Tirta yang mengaku lulusan Sarjana Kedokteran UGM Yogyakarta. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: