Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kerja Sama Internasional Kunci Pencapaian Agenda 2030

Kerja Sama Internasional Kunci Pencapaian Agenda 2030 Kredit Foto: Kemenlu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo menyepakati Agenda 2030 mengenai pembangunan berkelanjutan untuk memberikan masa depan yang lebih baik bagi masyarakat dunia. Oleh karenanya, kerja sama internasional menjadi kunci dari tercapainya implementasi penuh Agenda 2030.

Hal tersebut disampaikan?Menlu RI Retno Marsudi pada pertemuan Menlu G20 dalam pembahasan sesi pertama dengan tema Transforming Our world: The 2030 Agenda for Sustainable Development di Bonn, Jerman.

Dalam pembahasan, Menlu RI menyampaikan pencapaian?Agenda 2030 membutuhkan sinergi dari langkah yang diambil di tingkat nasional dan internasional. Dalam konteks ini, Menlu RI menyampaikan berbagai langkah yang telah diambil Indonesia untuk mengimplementasi Agenda 2030.

Menlu RI menegaskan Indonesia telah melibatkan semua pemangku kepentingan nasional sejak awal baik pada tahap formulasi maupun implementasi berbagai target dalam Agenda 2030. Berbagai target yang tertera di Agenda 2030 telah diarustamakan dalam semua kebijakan dan program pembangunan nasional dan sub-nasional. Selain itu roadmap, pendanaan, serta mekanisme monitoring bagi berbagai pelaksnaan program tersebut juga telah disiapkan oleh pemerintah.

"Indonesia telah melakukan proses yang inklusif melalui bottom-up approach dalam memformulasi dan implementasi Agenda 2030 di dalam negeri sehingga komitmen untuk mengimplementasinya akan lebih tinggi dari pelaksanaan MDGs yang lalu," katanya seperti dikutip dalam siaran pers Kemenlu di Jakarta, Minggu (19/2/2017).

Di tingkat internasional, Menlu RI menegaskan pentingnya ?kerja sama internasional guna mencapai target Agenda 2030. Dalam kaitan ini, Menlu RI prihatin dengan menurunnya komiten kerja sama internasional dan multilateral belakangan ini dan berkembangannya berbagai kebijakan yang inward looking di berbagai negara. Menlu RI menegaskan perkembangan seperti ini tidak akan membantu masyarakat internasional mencapai target 2030.

Dalam kaitan ini Menlu RI mengajak anggota G20 untuk tetap menunjukan komitmennya guna terus melakukan kerja sama internasional yang saling menguntugkan.

"Untuk memastikan keberhasilan Agenda 2030 secara global, negara anggota G20 harus dapat membantu negara berkembang dengan memastikan adanya bantuan kapasitas yang memadai dan kerja sama pendanaan dan teknologi bagi implementasi Agenda 2030," tutur Menlu RI.

Pertemuan Menlu G20 pertama ini dibuka dan diketuai oleh Menteri Luar Negeri Republik Federal Jerman Sigmar Gabriel. Pertemuan yang berlangsug pada tanggal 16-17 Februari 2017 merupakan kontribusi para Menteri Luar Negeri G20 dalam mengatasi berbagai tantangan global dan menciptakan kondisi kondusif bagi pertumbuhan ekonomi global.

Tema dari pertemuan Menlu G20 adalah Shaping the Global Order-Foreign Policy Beyond Crisis Management. Sejumlah isu utama yang akan diangkat dalam pertemuan dimaksud meliputi: Transforming Our World: The 2030 Agenda for Sustainable Development, Maintaining Peace in a Complex World; dan Cooperation with Africa.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gregor Samsa
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: