Portal Berita Ekonomi Rabu, 26 Juli 2017

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Executive Brief
  • 13:45 WIB. Gadget - HMD Global akan luncurkan Nokia 8 pada 16 Agustus mendatang.
  • 13:43 WIB. Gadget - OnePlus 5 keluarkan versi RAM 8GB.
  • 13:40 WIB. Gadget - Smartphone Luna G terjual 60.000 unit sejak dirilis tiga bulan lalu.
  • 12:54 WIB. Jakarta - Nelayan tuntut Raperda reklamasi dihentikan.
  • 12:53 WIB. Jakarta - Nelayan demo di depan gedung DPRD DKI.
  • 12:52 WIB. Jokowi - Presiden Jokowi minta perusahaan Jepan perluas investasi ke luar Jawa.
  • 12:51 WIB. ESDM - Menteri Jonan bantah ada hubungan dekat dengan Indira Soediro.
  • 12:50 WIB. Jokowi - Presiden Jokowi mengaku sudah undang PAN untuk datang ke Istana.
  • 12:30 WIB. BKPM - BKPM melaporkan realisasi PMA mencapai Rp109,9 triliun atau naik 10,6% pada kuartal II-2017.
  • 12:29 WIB. BKPM - BKPM memaparkan PMDN meningkat 16,9% menjadi Rp61 triliun pada kuartal II-2017.
  • 12:26 WIB. BKPM - BKPM melaporkan realisasi investasi pada kuartal II-2017 menembus angka Rp170,9 triliun.
  • 12:01 WIB. Jakarta - Polisi menolak penangguhan penahanan putra Jeremy Thomas, Axel Matthew.
  • 11:40 WIB. Fitur - Google hapus fitur 'OK, Google' dalam Chromebook.
  • 11:38 WIB. Milan - AC Milan berniat datangkan Renato Sanches dari Bayern Muenchen.
  • 11:37 WIB. Ms. Paint - Microsoft berencana menghapus Ms. Paint pada update terbaru Windows 10.

WOW Brand Festive Day 2017 "Pestanya Orang Brand"

Foto Berita WOW Brand Festive Day 2017
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

MarkPlus, Inc melalui acara "The 2nd WOW Brand Festive Day" hadir kembali pada tahun ini, dalam rangka memberikan pemaparan mengenai fenomena branding terbaru di Indonesia. Event ini merupakan tempat berkumpulnya lebih dari 700 brand leader dan marketing enthusiast untuk saling berbagi ide mengenai kesuksesan branding dan proyeksi selanjutnya di Indonesia.

Dalam event ini MarkPlus juga memberikan penganugerahan bagi para pemenang Indonesia WOW Brand. Para pemenang ini mengacu pada hasil riset MarkPlus yang didasarkan pada konsep Marketing 4.0. Adapun konsep tersebut menyelaraskan 5 aspek utama, yang dikenal sebagai 5A, yakni Aware – Appeal – Ask – Act – Advocate.

Konsep WOW Brand merupakan instrumen penting bagi para marketers untuk memahami situasi pasar, mengukur kesenjangan dengan kompetitor, dan memberikan saran strategi kepada pelaku bisnis dalam mendominasi industrinya. Hasil dari riset ini membandingkan antara Advocate dengan Awareness yang menghasilkan BAR (Brand Advocacy Ratio).

Saat ini popularitas sebuah brand bukan merupakan hal yang terpenting, melainkan rekomendasi dan advokasi dari lingkup masyarakat.Konsumen cenderung mencari tahu mengenai sesuatu yang mereka beli dengan melakukan survei melalui lingkup jaringan mereka, seperti keluarga maupun rekanan.

Selain itu, keberadaan forum online melalui platform digital menjadi salah satu sumber informasi penting bagi konsumen. Semakin sering suatu brand mendapatkan pengakuan dan rekomendasi yang positif dari masyarakat, semakin besar advocacy (rekomendasi) atas brand tersebut, dan tak jarang, loyalitas konsumen akan hadir dalam membela posisi brand tertentu.

Hermawan Kartajaya selaku Founder & Chairman MarkPlus, Inc. mengatakan acara ini adalah ajangnya para brand leader berkumpul, karena itu kita sebut ini sebagai pestanya orang brand. Acara ini membahas isu terbaru dan update mengenai branding, khususnya di Indonesia.

WOW Brand Festive Day ini merupakan perhelatan yang kedua kalinya dan akan kami gelar secara rutin di tahun-tahun berikutnya. Hermawan turut menjelaskan, tahun ini isu utama yang diangkat ialah digital branding, mengacu pada konsep Marketing 4.0 yang telah dikembangkan oleh Philip Kotler, dirinya, dan Iwan Setiawan.

Konsep ini baru saja dirilis akhir tahun lalu dalam buku Marketing 4.0 yang telah sukses diterjemahkan dalam 12 bahasa hanya dalam waktu 2 bulan. Buku ini mengangkat fenomena dunia modern dimana terjadi perpindahan fokus ke arah digital: moving from traditional to digital.

“Saat ini terdapat penyalahgunaan terhadap teknologi digital (technology for bad) seiring dengan perkembangan zaman, hal ini harus diperbaiki dengan menciptakan technology for good yang hanya bisa dijangkau melalui basic human spirit 3.0, oleh karena itu dalam acara ini kami turut meluncurkan inagurasi Brand for Good Club (BFG),” lanjut Hermawan.

Acara ini menghadirkan beberapa sesi yang membahas perkembangan branding di Indonesia saat ini, diantaranya sesi Digital Branding in Marketing 4.0 Era yang menghadirkan pakar marketing dunia Hermawan Kartajaya, Founder & Chairman MarkPlus, Inc beserta Iwan Setiawan Chief Operating Officer MarkPlus, Inc.

Menteri Pariwisata, Dr. Arief Yahya mengisi sesi Branding The Nations: Wonderful Indonesia for All, dilanjutkan dengan sesi Wonderful Innovation 2017: Food, Health, Renewable Energy, Tourism, oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak.

Para digital brand leader dari Facebook dan Google juga turut mengisi sesi dalam acara ini, di antaranya Tony Keusgen, Country Director Google Indonesia yang akan membahas mengenai Branding in Digital Customer Journey, dan Sri Widowati, Country Director Facebook Indonesia yang membahas mengenai Social Media Branding in Indonesia.

Selain itu, President Director Procter&Gamble (P&G), Madhusudan Gopalan membahas mengenai Building Brands in the Digital Era. Dalam acara ini terdapat dua penganugerahan yakni, Indonesia WOW Brand 2017 dan Indonesia Brand Campaign of The Year.

Tag: MarkPlus Inc

Penulis: Dina Kusumaningrum

Editor: Dewi Ispurwanti

Foto: Dina Kusumaningrum

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,573.98 3,537.30
British Pound GBP 1.00 17,456.14 17,278.94
China Yuan CNY 1.00 1,984.48 1,964.64
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,401.00 13,267.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,605.55 10,496.85
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,715.88 1,698.50
Dolar Singapura SGD 1.00 9,836.32 9,734.39
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,614.85 15,453.40
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,128.88 3,095.43
Yen Jepang JPY 100.00 11,979.08 11,856.12

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5813.535 11.948 558
2 Agriculture 1775.125 -8.877 18
3 Mining 1460.144 -2.263 44
4 Basic Industry and Chemicals 614.134 -6.140 67
5 Miscellanous Industry 1385.020 -17.379 41
6 Consumer Goods 2514.902 9.064 45
7 Cons., Property & Real Estate 481.301 -1.949 65
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1202.223 11.802 60
9 Finance 959.244 4.280 89
10 Trade & Service 924.835 5.738 129
No Code Prev Close Change %
1 PADI 408 510 102 25.00
2 BRAM 11,450 13,700 2,250 19.65
3 MABA 1,890 2,150 260 13.76
4 IKBI 380 430 50 13.16
5 HERO 1,085 1,220 135 12.44
6 BIPP 92 103 11 11.96
7 RODA 142 158 16 11.27
8 WOOD 232 258 26 11.21
9 MARK 448 498 50 11.16
10 TMPO 180 200 20 11.11
No Code Prev Close Change %
1 DOID 770 680 -90 -11.69
2 INDR 1,210 1,075 -135 -11.16
3 LPGI 5,925 5,300 -625 -10.55
4 KARW 222 200 -22 -9.91
5 DNAR 288 260 -28 -9.72
6 JPFA 1,320 1,200 -120 -9.09
7 AGRS 358 330 -28 -7.82
8 AGRO 675 625 -50 -7.41
9 MLIA 530 494 -36 -6.79
10 RMBA 458 428 -30 -6.55
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 362 370 8 2.21
2 AISA 1,255 1,185 -70 -5.58
3 DOID 770 680 -90 -11.69
4 TLKM 4,650 4,720 70 1.51
5 ASII 8,225 8,100 -125 -1.52
6 PBRX 510 505 -5 -0.98
7 ICON 133 130 -3 -2.26
8 INDY 840 810 -30 -3.57
9 WOOD 232 258 26 11.21
10 BBCA 18,575 18,575 0 0.00