Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gelar Pameran UMKM, Telkom Target Transaksi Rp10 Miliar

Gelar Pameran UMKM, Telkom Target Transaksi Rp10 Miliar Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk menargetkan nilai transaksi mencapai Rp10 miliar dari gelaran Pameran Telkom Craft Indonesia pada tanggal 10-12 Maret 2017 di Hall A Jakarta Convention Centre (JCC). ?Pameran yang mengambil tema "Local Heroes to Global Champion" ini diikuti oleh 126 UMKM terpilih dari 125 ribu UMKM binaan Telkom di seluruh Indonesia serta mitra binaan BUMN lain.

"Targetnya adalah kita berharap, 10 ribu orang hadir untuk mengunjungi ini selama 3 hari. Kemudian transaksinya kayaknya bisa di atas Rp10 miliar," kata Alex di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (10/3/2017). Ia pun optimistis dapat mencapai target tersebut lantaran animo pengunjung yang luar biasa saat pameran ini dibuka. "Saya lihat dari animo ini, kayaknya Telkom harus bikin lagi tahun depan," ujarnya.

Alex berharap, UMKM mampu bersaing dan maju ke pasar global sesuai tema dari pameran ini, yaitu "Local Heroes to Global Champions." Menurutnya, produk-produk UMKM Indonesia saat ini telah banyak yang berkualitas dan bernilai tinggi sehingga tahap selanjutnya adalah bersaing di tingkat dunia.

"UMKM masih memerlukan bimbingan dan pendampingan dalam hal standar pengembangan produk, kualitas, serta pemanfaatan teknologi dan manajemen. Selanjutnya adalah UMKM yang mengacu pada tahap go modern, go digital, go online dan go global," pungkasnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan UMKM saat ini masih memerlukan bimbingan dan pendampingan dalam hal standar pengembangan produk, kualitas, serta pemanfaatan teknologi dan manajemen. UMKM juga membutuhkan akses ke pasar yang lebih luas melalui pameran dan penjualan online.

"Yang tak kalah penting para pelaku UMKM perlu dukungan permodalan. Oleh karena itu, Kementerian BUMN mendorong BUMN untuk bersinergi membangun Rumah Kreatif BUMN (RKB) di seluruh kota/kabupaten di Indonesia untuk memberikan solusi permasalahan-permasalahan tersebut," kata Rini.

Rini berharap melalui kehadiran RKB, kehadiran BUMN benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya oleh para pelaku UMKM.

"Apresiasi patut diberikan kepada Telkom yang menginisiasi event ini sebagai implementasi RKB dalam memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk memperoleh akses pasar yang lebih luas melalui kegiatan pameran dan digitalisasi bisnis," tambahnya.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Dewi Ispurwanti

Advertisement

Bagikan Artikel: