Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mau Bisnis Online? Coba Lirik Cara Optimalkan Iklan Lewat Google Adwords Ini

Mau Bisnis Online? Coba Lirik Cara Optimalkan Iklan Lewat Google Adwords Ini Kredit Foto: Reuters/Charles Platiau
Warta Ekonomi, Jakarta -

Beberapa orang mungkin ada yang merasa bingung harus mulai bisnis online dari mana dan adapula yang sudah terjun ke dalam bisnis online, namun tidak mendapatkan hasil apapun. Atas dasar itulah, pada kesempatan ini Warta Ekonomi membahas lima tips promosi lewat Google AdWords yang dirasa mampu mengoptimalkan iklan. Apa saja itu? Berikut paparannya

1. Saat Membuat Daftar Kata Kunci, Berpikirlah Seperti Calon Konsumen
Seandainya Anda adalah calon konsumen yang sedang mencari sebuah produk atau jasa maka apa yang akan Anda ketik di mesin pencarian? Pikirkanlah kira-kira frasa apa yang akan digunakan oleh calon konsumen untuk mencari sebuah produk atau jasa.

"Jangan gunakan frasa yang terlalu umum, tapi gunakanlah frasa yang cukup spesifik sehingga dapat menarik pelanggan yang tepat ke website Anda. Misalnya, Anda adalah penjual tempat tidur bayi, mungkin Anda bisa memilih frasa seperti "tempat tidur bayi laki-laki kayu" atau "tempat tidur bayi perempuan lucu"," demikian informasi yang disampaikan Google kepada Warta Ekonomi di Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Anda juga dapat memanfaatkan AdWords Keyword Planner untuk mengetahui frasa apa saja yang digunakan oleh calon konsumen pada umumnya.

2. Membuat Iklan yang Menarik dan Ajak Pelanggan Mengambil Langkah (Call to Action)
Tulislah iklan yang relevan, jelas, menarik, serta mengajak pelanggan mengambil langkah selanjutnya. Iklan yang baik akan membuat pelanggan mengeklik dan kemudian membeli produk Anda. Tulislah keunggulan produk Anda atau tawaran spesial seperti "kualitas terbaik", "gratis pengiriman", dan "diskon 50%".

Ajaklah pelanggan untuk mengambil langkah selanjutnya dengan frasa seperti, "pesan sekarang" atau "daftar sekarang".

3. Menggunakan Negative Keyword
Negative keyword adalah kata kunci yang tidak relevan dengan produk atau iklan yang Anda jalankan. Negative keyword mencegah iklan ditampilkan pada setiap permintaan pencarian yang berisi kata kunci tersebut. Dengan menyaring pencarian yang tidak relevan, negative keyword dapat membantu Anda mencapai calon konsumen yang paling tepat, mengurangi biaya per-klik, dan meningkatkan ROI Anda.

Misalnya, Anda menjual kaos bola maka sebaiknya menambah negative keyword "kaos kaki" dan "kaos basket" untuk memastikan bahwa iklan Anda hanya akan muncul ketika calon pelanggan menulis "kaos bola" bukan ketika calon pelanggan menulis "kaos basket" atau "kaos kaki".

4. Menggunakan Analisis Website (Web Analytics)
Web analytics adalah program yang dapat membantu Anda mengetahui dan menganalisis apa yang dilakukan oleh para pengunjung situs Anda.

Web analytics dapat menganalisis data kunjungan (traffic), kinerja mesin pencari, promosi e-mail, dsb. Dengan memanfaatkan informasi dari web analytics, Anda dapat mengoptimalkan situs dan meningkatkan ROI Anda. Web analytics sepeti Google Analytics dapat diakses secara gratis sehingga tidak memberatkan Anda.

5. Mengunjungi Referensi Online
AdWords Help Center mempunyai banyak informasi berguna bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan mengenai Google AdWords.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: