Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Cara Shopee Rebut Hati Konsumen

Ini Cara Shopee Rebut Hati Konsumen Kredit Foto: Leli Nurhidayah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setiap pelaku e-commerce memiliki strategi khusus dalam merencanakan dan mengembangkan bisnis agar tetap berjalan. Fokus pada konsumen merupakan prinsip yang dijalankan pelaku e-commerce, Shopee. Hal ini lantaran konsumen adalah sumber pendapatan perusahaan.

"Kami menggunakan wadah internet dan media sosial untuk memastikan terjaganya komunikasi dua arah yang interaktif dan lancar dengan pengguna. Karenanya, kami secara konsisten menghadirkan konten dan informasi yang beragam, termasuk informasi festival belanja," kata CEO Shopee Chris Feng kepada Warta Ekonomi dalam keterangan di Jakarta, Jumat (17/3/2017).

Festival belanja mengajak konsumen menggunakan aplikasi Shopee dan ikut berpartisipasi dalam program yang diselenggarakan. Konten yang disediakan dapat berbentuk poster promosi dan aktivitas video. Selain itu, untuk menjalin komunikasi dua arah dengan konsumen, sambung Chris, informasi mengenai inisiatif terbaru Shopee juga dipublikasikan, seperti layanan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

"Dan kolaborasi strategis dengan partner, seperti tambahan diskon dalam festival Shopee," tutur Chris seraya menambahkan kuis dan lomba interaktif untuk meningkatkan partisipasi pengguna di wadah media sosial juga dilakukan.

Chris mengatakan terdapat dua langkah yang secara konsisten digunakan Shopee untuk memasarkan dan mempromosikan suatu layanan.

"Yang pertama adalah melalui channel komunikasi yang kami miliki, seperti website, official account, email blast, dan push notification. Kami senantiasa berupaya untuk menciptakan konten yang secara khusus disesuaikan dengan masing-masing channel untuk menjangkau konsumen," kata Chris menambahkan.

Kemudian cara kedua melalui media sosial. Media sosial dilakukan untuk dua kegiatan utama. Pertama penggunaan media sosial sebagai alat komunikasi dua arah dengan pengguna Shopee, baik untuk menginformasikan inisiatif baru. Kedua, untuk berkolaborasi dengan key opinion leaders/KOLs (selebriti, influencer, dan komunitas), melibatkan pengikut mereka untuk mempromosikan inisiatif Shopee.

"Kami telah sukses melaksanakan beragam program kerja sama bersama KOLs lokal di Indonesia, seperti kampanye bersama selebriti yang kami laksanakan tahun lalu," tandas dia.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: