Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Aturan Baru YouTube, 10.000 Viewers Dulu Sebelum Bisa Dimonetisasi

Aturan Baru YouTube, 10.000 Viewers Dulu Sebelum Bisa Dimonetisasi Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

YouTube mengeluarkan aturan baru mengenai ketentuan kapan pengguna bisa mulai memperoleh penghasilan dengan mengikuti program monetisasi channel videonya melalui Google Adsense.

Melalui program yang disebut YouTube Partner Program (YPP), aturan baru YouTube yang efektif berlaku pada 6 April tersebut mengharuskan kreator channel mempunyai jumlah penonton minimum 10.000 untuk bisa melakukan monetisasi pada channelnya.

YouTube kemudian akan mengevaluasi apakah channel tersebut mengikuti pedoman, sebelum mengizinkannya memasang iklan Adsense. Ini akan membantu menekan pencurian konten dan saluran palsu, kata YouTube.

Melalui laman resminya, YouTube menjelaskan jika kebijakan peraturan baru yang dikeluarkan adalah untuk melindungi para kreator YouTube dari dampak copy paste yang dilakukan oleh oknum kreator YouTube yang nakal. Dengan demikian jika ada channel yang hanya bermodalkan video re-upload atau video copas dan memiliki jumlah viewer yang sedikit, channel tersebut tak bisa menghasilkan uang dari program YPP.

"Setelah kreator berhasil meraih 10.000 viewer pada channel mereka, kami akan meninjau aktivitas mereka terhadap kebijakan kami," tulis Ariel Bardin, wakil presiden manajemen produk di YouTube, seperti dikutip dari laman BBC di Jakarta, Kamis (13/4/2017).

"Jika semuanya terlihat baik, kami akan membawa channel tersebut ke YPP dan mulai menyajikan iklan terhadap konten mereka. Bersama ini ambang batas baru akan membantu memastikan pendapatan hanya mengalir ke kreator yang bermain sesuai dengan aturan," tambahnya.

Qingzhen Chen, analis senior untuk penelitian iklan dari IHS, mengatakan tidak akan sulit bagi kebanyakan channel untuk mendapatkan 10.000 viewer, mengingat ada lebih dari satu miliar pengguna yang menonton YouTube.

YouTube tidak mempublikasikan berapa nominal yang dapat diperoleh para kreator video dari iklan yang dimainkan sebelum video mereka dimulai. Namun, pada tahun 2014 New York Times mengutip sebuah perusahaan perangkat lunak iklan yang menunjukkan tingkat rata-rata sebesar US$7,60 per 1000 tampilan iklan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gregor Samsa
Editor: Dewi Ispurwanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: