Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hindari Penumpukan di Brexit, Ini Dia Strategi Kemenhub Hadapi Mudik 2017

Hindari Penumpukan di Brexit, Ini Dia Strategi Kemenhub Hadapi Mudik 2017 Kredit Foto: Ferry Hidayat
Warta Ekonomi, Yogyakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan jalur Pantai Utara (Pantura) menjadi fokus utama penyiapan jalur mudik Lebaran 2017. Di sepanjang jalur tersebut,pihaknya masih akan mengecek sejumlah proyek pembangunan jalan tol dan jalan layang. Dia pun optimis, di arus mudik Lebaran tahun ini, jalur Pantura siap digunakan.

"Secara keseluruhan sudah siap. Walaupun belum bisa dioperasikan secara penuh tetapi paling tidak laik fungsi dulu," kata Menteri Basuki di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Senin (17/4/2017).

Dia menambahkan pihaknya telah mempunyai strategi untuk memecah penumpukan kendaraan seperti yang terjadi pada arus mudik tahun lalu terutama yang terjadi di jalur maut pintu tol Brebes Exit (Brexit). Sebagai solusinya pemerintah mengebut pembangunan tol dan dipastikan tol yang dapat digunakan yakni di Weleri dan Kendal.

Sementara itu, untuk pembangunan empat fly over?di perlintasan sebidang kereta api di Kabupaten Tegal dan Brebes, Jawa Tengah diperkirakan bisa selesai akhir Mei atau awal Juni 2017.?Menurut Basuki pembangunan empat jalan layang di Klonengan-Prupuk, Dermoleng-Ketanggungan, Kretek-Paguyangan, dan Kesambi cukup efektif mengurai kemacetan di kawasan Jalan Pantura. Setiap hari perlintasan itu dilalui 90 kali simpangan kereta api.

"Kalau saat mudik bahkan bisa dilalui 95-97 kali simpangan kereta api. Jika setiap kendaraan berhenti mencapai lima menit, maka dalam sehari bisa 450 menit atau delapan jam berhenti, makanya macet," kata dia. Selain itu, Basuki juga meyakini sejumlah pekerjaan penambalan jalan-jalan berlubang akan selesai sebelum momentum arus mudik Lebaran tiba. (Ant).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: