Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Di Luar Ekspektasi, Ekonomi China Tumbuh 6,9 Persen di Kuartal I-2017

Di Luar Ekspektasi, Ekonomi China Tumbuh 6,9 Persen di Kuartal I-2017 Kredit Foto: Arif Hatta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ekonomi China tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 6,9 persen pada kuartal pertama 2017, menurut data resmi.?

Tingkat pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, melaju lebih cepat ketimbang perkiraan pasar.

Analis meramalkan pertumbuhan ekonomi periode Januari hingga Maret lalu hanya 6,8 persen, seperti yang dicatat kuartal sebelumnya.

Bulan lalu, Pemerintah China memangkas target pertumbuhan untuk tahun ini menjadi 6,5 persen, lebih rendah dibanding realisasi pertumbuhan ekonomi tahun lalu sebesar 6,7 persen.

Mengutip?BBC?di Jakarta, Senin (17/4/2017), Biro Statistik Nasional China pada Senin (17/4) mengumumkan, pertumbuhan ekonomi didorong ekspansi manufaktur. Ini merupakan kenaikan setelah lima kuartal terakhir stagnan di pertumbuhan 6,7-6,8 persen.

Secara kuartalan, Produk Domestik Bruto China periode Januari-Maret tumbuh 1,3 persen dibanding tiga bulan sebelumnya. Kinerja ini lebih rendah dibanding periode Oktober-Desember yang tumbuh 1,7 persen dibanding tiga bulan sebelumnya.

Selama kuartal pertama 2017, investasi di pabrik elektronik China menguat seiring dengan permintaan produk dari luar negeri. Namun, meningkatnya pembelian properti yang cenderung overheating menunjukkan, otoritas China belum berhasil mengekang spekulasi di pasar properti.

China adalah pendorong utama ekonomi global dan kinerjanya diawasi ketat oleh investor di seluruh dunia. Tahun 2016 merupakan pertumbuhan ekonomi China terendah selama 26 tahun terakhir.?

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gregor Samsa
Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: