Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkop Puspayoga Apresiasi Pegelaran APFI 2017

Menkop Puspayoga Apresiasi Pegelaran APFI 2017 Kredit Foto: Ning Rahayu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pewarta Foto Indonesia (PFI) kembali memberikan penghargaan bagi foto-foto terbaik Indonesia dalam Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2017. Acara tahunan yang diselenggarakan untuk ketujuh kalinya ini digelar di Galeria Fatahillah, Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Acara yang dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan juga dihadiri Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga; Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Rikwanto; Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta Dian Ekowati; dan para insan pewarta foto.

Sebanyak 15 karya foto jurnalistik terbaik telah dipilih dari 5.488 karya foto yang dikirimkan oleh 410 pewarta foto dan 127 peserta citizen journalism. Selain itu, ada juga satu karya multimedia terbaik yang dipilih dari 37 karya multimedia yang dikirimkan oleh 26 peserta.

Ketua pelaksana APFI 2017 Agung Rajasa mengatakan penghargaan bagi foto-foto jurnalistik terbaik yang digelar PFI bertujuan untuk menstimulasi semangat teman-teman pewarta foto dan menjadi bagian dari perjalanan bangsa.

"Penghargaan bagi foto-foto jurnalistik terbaik ini digelar PFI sejak tahun 2009 bertujuan untuk menstimulasi semangat teman-teman pewarta foto yang mampu berbicara, merekam dengan jujur momen-momen yang menjadi bagian dari kehidupan, dan metamorfosis perjalanan bangsa ini," ujar Agung.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum PFI Lucky Pransiska menyampaikan profesi sebagai pewarta foto memiliki peran yang sangat besar dalam mendokumentasi pelawatan dan transfigurasi sebuah bangsa.

"Pewarta foto memiliki peran yang tidak mudah karena dibutuhkan kejelian dalam menangkap momen-momen yang mampu menggambarkan perkembangan kehidupan masyarakat, setidaknya tugas mendokumentasi perjalanan bangsa ini nyata dilakukan dan dapat dibuktikan kebenarannya," imbuh Lucky.

Sementara itu Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan Kemenkop mengapresiasi acara APFI dan pihaknya akan mendorong jajarannya untuk bersinergi dengan pewarta foto.

"Yang pertama saya apresiasi akan penyelenggaraan acara anugerah foto ini, yang kedua saya mengapresiasi kepada para pemenang pewarta foto yang saya lihat hasilnya memang sangat luar biasa, tidak sekedar foto jurnalis, tidak sekedar dokumentasi, tapi sudah menyatu menjadi bagian dari berita yang ke depan sangat dibutuhkan. Ke depan saya berharap semakin tahun acara ini semakin berkualitas dan saya akan dorong teman-teman humas untuk bersinergi untuk belajar sama-teman-teman pewarta foto," imbuh Menkop.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: