Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ekonomi China Makin Solid di Kuartal Pertama 2017

Ekonomi China Makin Solid di Kuartal Pertama 2017 Kredit Foto: Antara/China Daily
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pertumbuhan ekonomi China tumbuh makin kuat pada kuartal pertama 2017 yang ditandai dengan laporan produk domestik bruto.

Mengutip Reuters?di Jakarta, Senin (24/4/2017), Menteri Keuangan Xiao Jie mengatakan ekonomi China makin positif yang terlihat dari laporan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB). Menurut Xioa, pemerintah optimis dapat mencapai target pertumbuhan GDP sebesar 6,5% pada tahun 2017.

Secara terpisah, penasihat People Bank of China (PBOC) Sheng Songcheng mengatakan perbaikan?kondisi ekonomi China ditandai dengan nilai yuan yang stabil dan adanya capital return.

"Ada tanda-tanda kembalinya modal ke China," tulis Sheng pada halaman editorial Financial News, Senin (24/4/2017).

Sheng mengatakan pemerintah sedang menerapkan kebijakan ketat dengan suku bunga tinggi untuk menahan laju pertumbuhan kredit yang merajalela. Data pada pekan lalu menunjukkan ekonomi China tumbuh lebih cepat dari ekspetasi 6,9% pada kuartal pertama, didorong oleh belanja infrastrktur.

"Arus modal keluar turun tajam pada kuartal pertama, sementara modal lintas batas lebih seimbang karena depresiasi yuan melemah secara signifikan," kata regulator.

Sumber Reuters mengatakan China telah mengurangi beberapa aturan untuk meningkatkan arus modal ke dalam negeri. Itu bisa dilihat dari penurunan?tekanan terhadap yuan dan cadangan devisa. Kendati, beberapa ekonom mengatakan terlalu dini menilai China telah menang dalam perang melawan modal keluar dan tidak mungkin Beijing akan memulai langkah-langkah pengendalian dalam waktu dekat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gregor Samsa
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: