Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tiga Provinsi Ini Topang Pertumbuhan Ekonomi RI 2016

Tiga Provinsi Ini Topang Pertumbuhan Ekonomi RI 2016 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemulihan ekonomi nasional pada tahun 2016 terutama bersumber dari membaiknya ekonomi Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Sebagian besar provinsi di tiga wilayah tersebut mencatat pertumbuhan ekonomi yang meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) tahun 2016 yang diterbitkan Bank Indonesia (BI) diketahui untuk pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur, meskipun masih mengalami kontraksi namun tidak sedalam yang terjadi pada tahun sebelumnya.

"Secara umum, perbaikan kinerja ekonomi di tiga wilayah tersebut bersumber dari kuatnya konsumsi domestik, meningkatnya kinerja ekspor seiring dengan perbaikan harga komoditas di pasar global, serta membaiknya investasi,? seperti dikutip Warta Ekonomi. Perekonomian wilayah Sumatera pada 2016 tumbuh sebesar 4,3% meningkat dibanding tahun sebelumnya yang sebesar 3,5%.

Kenaikan laju pertumbuhan ekonomi tersebut didukung oleh membaiknya kinerja ekonomi di hampir seluruh daerah di wilayah Sumatera, kecuali Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. Peningkatan kinerja ekonomi Sumatera terutama didorong oleh meningkatnya investasi dan membaiknya ekspor.

Untuk perekonomian Jawa, yang memiliki pangsa paling besar dalam perekonomian nasional (58%), pada 2016 tumbuh sebesar 5,6%, sedikit membaik dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 5,5%. Membaiknya pertumbuhan ekonomi Jawa didorong oleh meningkatnya kinerja ekonomi Jawa Timur, Jawa Barat, dan Yogyakarta, sedangkan tiga provinsi lainnya tumbuh melambat. Membaiknya kinerja pertumbuhan ekonomi Jawa bersumber dari menguatnya konsumsi domestik terutama konsumsi rumah tangga.

Sementara itu, perekonomian wilayah Kalimantan tumbuh sebesar 2,0% pada 2016, membaik dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 1,4%. Perbaikan laju pertumbuhan ekonomi terjadi di hampir seluruh provinsi di Kalimantan, termasuk kontraksi pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur yang membaik dibanding tahun sebelumnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Hafit Yudi Suprobo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: