Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Makassar Kembali Awali Rangkaian GIIAS 2017

Makassar Kembali Awali Rangkaian GIIAS 2017 Kredit Foto: Tri Yari Kurniawan
Warta Ekonomi, Makassar -
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo kembali menghelat pameran otomotif berskala internasional bertajuk Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Seperti tahun sebelumnya, Makassar kembali didaulat menjadi kota pertama yang mengawali rangkaian GIIAS 2017. Rencananya, pameran otomotif tersebut berlangsung selama lima hari di Hotel Four Point by Sheraton, Kota Makassar, terhitung Rabu-Sabtu, 10-14 Mei mendatang.
Direktur One Events sekaligus Project Director GIIAS 2017, Yusuf Karim Ungsi, mengungkapkan pihaknya memilih Makassar sebagai kota pembuka dengan pertimbangan potensi pasar otomotifnya cukup besar dan belum tergarap maksimal. Belum lagi, Makassar atau Sulsel pada umumnya memiliki laju perekonomian yang selalu berada di atas angka nasional. Selain itu, Makassar merupakan representasi dan gerbang dari Kawasan Indonesia Timur.
Menurut Yusuf, ajang GIIAS 2017 akan menghadirkan deretan mobil baru dari sejumlah merek ternama. Sebut saja yakni Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Mercedes-Benz, Honda, Jeep, KIA, Lexus dan Mazda. "Ini memang waktu yang tepat bagi masyarakat untuk melihat varian mobil baru karena GIIAS Makassar menjadi ajang perkenalan produk dari pabrikan otomotif," kata Yusuf, dalam konferensi pers GIIAS Makassar di Hotel Four Point by Sheraton, Kota Makassar, kemarin.
Tidak sekadar mempamerkan mobil baru, GIIAS Makassar juga menghadirkan beberapa event menarik yang mengundang daya tarik pengunjung. Di antaranya yakni test drive, layanan SIM dan Samsat Keliling, food truck, kontes modifikasi dengan 80 kategori dan sejumlah perlombaan melibatkan banyak komunitas otomotif.
"Ada dua lomba juga yang menarik, seperti Cut Sticker Show, di mana nanti pesertanya akan meng-cutting sebuah mobil dan nantinya akan diberi nilai oleh juri profesional. Lalu tak kalah menarik, adaSilent Drag, yakni lomba dorong mobil siapa yang tercepat melibatkan sejumlah orang," jelas Yusuf.
Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS 2017, Rizwan Alamsjah, menambahkan GIIAS Makassar merupakan kesempatan bagi para agen pemegang merek (APM) serta para peserta pameran lainnya untuk bertemu dan berinteraksi dengan pelaku industri, pemerintah dan masyarakat lokal. Dengan begitu, masyarakat di daerah bisa kian melek perkembangan dunia otomotif. Diharapkannya pula GIIAS Makassar bisa memacu penjualan produk otomotif yang selama ini masih terkonsenterasi di Pulau Jawa.
?GIIAS dimaksudkan menjadi sebuah pameran otomotif berskala internasional yang dapat memberikan gambaran dan informasi kepada pasar lokal mengenai perkembangan terkini dari industri otomotif global serta pelaku industri otomotif Tanah Air mengikuti tren otomotif dunia," ujar dia.
Staf Ahli Gaikindo, Freddy Sutrisno, menuturkan pelaksanaan GIIAS di daerah sangat penting untuk mendorong perkembangan industri otomotif secara inklusif. Makassar misalnya yang disebutnya memiliki potensi untuk berkontribusi dalam penjualan produk otomotif secara nasional.?
"Jangan hanya berpatokan ke Jawa, khususnya Jakarta. Karena di daerah itu potensinya menjanjikan kok. Sebelum Jokowi (Presiden RI), perhatian terhadap Indonesia Timur tidak ada, sekarang baru ada. Makanya, pameran ini kami adakan sejalan dengan rencana pemerintah, Makassar itu pintu gerbang Indonesia Timur," tutur Freddy.
Pada 2016 lalu, Makassar mampu meraih kesuksesan sebagai kota pembuka rangkaian pameran GIIAS 2016 dengan catatan lebih dari 22 ribu pengunjung dan total transaksi lebih dari Rp347 miliar atau 1.353 unit mobil terjual dalam lima hari pelaksanaannya.
Rangkaian pameran GIIAS tahun ini akan hadir di empat kota, dimulai GIIAS Makassar pada 10-14 Mei 2017, dilanjutkan GIIAS Surabaya 20-24 September 2017, kemudian GIIAS Samarinda 25-29 Oktober 2017, dan ditutup di GIIAS Medan pada 2226 November 2017.
Adapun puncaknya penyelenggaraan akbar pameran GIIAS 2017 digelar pada1020 Agustus mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang. Tahun ini, GIIAS mencoba menyajikan sebuah tema sekaligus konsep Auto Show atau pameran mobil regional berkelas internasional dengan didukung infrastruktur terbaik di masing-masing daerah kota tujuannya.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tri Yari Kurniawan
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: