Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Optimisme Konsumen Meningkat April 2017

Optimisme Konsumen Meningkat April 2017 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Optimisme konsumen pada April lalu meningkat. Hasil survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada April 2017 sebesar 123,7, lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 121,5. Peningkatan IKK tersebut bersumber dari kenaikan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 1 poin dan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) sebesar 3,4 poin.

Meningkatnya IKK pada April 2017 terjadi di 11 kota dengan kenaikan indeks tertinggi terjadi di Makassar (12,5 poin), dan Samarinda (11,8 poin). Berdasarkan tingkat pengeluaran, peningkatan IKK tertinggi terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp1-2 juta per bulan.

Dalam surveinya juga, BI melaporkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan harga pada tiga bulan mendatang cenderung meningkat. Indikasi itu terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) tiga bulan ke depan sebesar 176,5, naik 4,8 poin dari bulan sebelumnya.

Hal ini dipengaruhi oleh perkiraan belum normalnya harga pasca Hari Raya Idul Fitri serta adanya tekanan terkait periode tahun ajaran baru.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Hafit Yudi Suprobo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: