Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mastercard: Optimisme Generasi Muda Dorong Kepercayaan Konsumen

Mastercard: Optimisme Generasi Muda Dorong Kepercayaan Konsumen Kredit Foto: Min Won-Ki
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mastercard Index of Consumer Confidence baru saja merilis hasil risetnya terkait tingkat kepercayaan konsumen. Dalam riset tersebut disebutkan bahwa optimisme generasi muda di kawasan ASEAN turut mengangkat tingkat kepercayaan konsumen.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan sentimen di kelompok konsumen lebih tua yang cenderung bersifat konservatif. Sebagai informasi, menjelang penyelenggaraan World Economic Forum di ASEAN, Mastercard telah meluncurkan Mastercard Index of Consumer Confidence yang menunjukkan bahwa generasi milenial di kawasan ASEAN (berumur antara 18 ? 29 tahun) memiliki pandangan yang sangat optimis untuk enam bulan kedepan (75 poin), sementara anggota Generasi X, yang berusia di atas 30 tahun, memperlihatkan angka yang lebih rendah (69,5 poin).

Akan tetapi, secara keseluruhan terdapat perbedaan yang dalam mengenai tingkat kepercayaan di antara negara-negara yang berbeda di kawasan ASEAN.?

Tuan rumah World Economy Forum (WEF) ASEAN, Kamboja, konsumen yang berusia di bawah 30 tahun (95,4 poin) merupakan kelompok yang paling optimis dibandingkan dengan negara lainnya, sementara kelompok konsumen di Malaysia yang berusia di bawah 30 tahun merupakan kelompok konsumen yang paling pesimis (42,6 poin).?

Selain itu, kelompok usia di atas 30 tahun di Kamboja dan Myanmar menduduki posisi yang setara (92 poin) sebagai kelompok paling optimis, sementara masyarakat berusia di atas 30 tahun di Singapura memiliki tingkat kepercayaan diri paling rendah (22,7 poin).

Meskipun demikian, tingkat optimisme selama enam bulan ke depan mengindikasikan adanya pertumbuhan yang stabil di seluruh negara. Tingkat kepercayaan diri konsumen yang berusia di bawah 30 tahun bertumbuh sebesar 1,5 poin, sementara konsumen yang berusia di atas 30 tahun mengalami peningkatan sebesar 2,2 poin jika dibandingkan dengan semester I tahun 2016.

Peningkatan ini sebagian besar terpusat di antara kelompok demografis yang lebih tua di negara-negara berkembang ASEAN.?

Populasi konsumen Thailand yang berusia di atas 30 tahun memiliki peningkatan paling besar yaitu sebesar 10,7 poin menjadi 70,1 poin, bergerak dari kelompok netral menjadi kelompok konsumen optimis, sementara konsumen Thailand yang berusia di bawah 30 tahun memiliki peningkatan yang sedikit lebih rendah yaitu 8,6 poin menjadi 63,2 poin.

Satu-satunya negara yang memiliki peningkatan sentimen di kedua kelompok demografisnya adalah Indonesia ? usia di bawah 30 tahun mengalami lonjakan optimisme sebesar 7,1 poin, sementara generasi yang lebih tua mengalami lonjakan sebesar 9,9 poin.

Lebih jauh lagi dikatakan, konsumen di wilayah ASEAN dari berbagai kalangan usia memiliki tingkat optimisme paling tinggi terhadap pendapatan rutin (87,7 poin, 77,5 poin), pekerjaan (74,7 poin, 70,5 poin) dan kualitas hidup (62,3 poin, 60 poin). Kedua, kelompok umur ini juga mengarah ke pandangan netral ketika ditanya mengenai perekonomian dan pasar saham.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gito Adiputro Wiratno
Editor: Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Bagikan Artikel: