Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tren Penurunan Suku Bunga Kredit Terhambat di April 2017

Tren Penurunan Suku Bunga Kredit Terhambat di April 2017 Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Indonesia (BI) menyatakan tren penurunan bunga kredit di perbankan mengalami hambatan pada April 2017. Hal ini terlihat dari adanya sedikit kenaikan suku bunga kredit di bulan tersebut.

Berdasarkan catatan BI, suku bunga kredit pada Maret 2017 turun sebesar 93 bps (yoy). Namun pada April 2017, suku bunga kredit mengalami kenaikan sebesar 2 bps sehingga hanya turun 91 bps.

"Tadinya sudah 93 bps di Maret tapi di April 91 bps. Jadi ada kenaikan sebesar 2 bps. Itu kita amati betul karena suku bunga acuan kita sudah turunkan 150 bps," ujar Gubernur BI Agus D.W. Martowardojo di gedung BI, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Menurut Agus, hal ini bertolak belakang dengan suku bunga deposito. Pada April 2017 suku deposito terus melanjutkan tren penurunannya. Adapun, besaran penurunannya mencapai? 138 bps hingga April 2017 dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 133 bps.

"Secara year on year, Maret suku bunga kredit bisa turun tapi di April terlihat ada sedikit kenaikan dan itu berbeda dengan deposit yang terus turun bahkan sampai April," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Deputi Gubernur Bank Indonesia Erwin Rijanto mengungkapkan kenaikan bunga kredit tersebut diperkirakan akan membuat pertumbuhan kredit pada bulan ini tidak mencapai double digit.

Meski begitu, tren pertumbuhan kredit terus menunjuk peningkatan yang positif. Pada Desember 2016 tercatat pertumbuhan kredit hanya 7,86%, kemudian naik menjadi 9,2% pada Maret 2017 dan terus berlanjut menjadi 9,47% di April 2017.

"Sebenarnya kredit 9,47% tadi disumbangkan kredit rupiah yang sudah tumbuh 9,67% dan valas 7,25%. Inilah yang sebabkan terjadinya kenaikan. Coba bandingkan untuk tahun ini dibandingkan tahun lalu, valas YTD masih negatif 0,76% dibanding tahun lalu (yoy) tumbuhnya negatif 4,12%," jelasnya.

Sementara, kalau dilihat dari sisi sektornya, pertumbuhan kredit pada April 2017 disumbangkan dari kredit sektor pertanian, pembangkit listrik dan konstruksi.

Sedangkan dari sisi segmentasinya, segmen korporasi menjadi yang paling dominan. Meningkatnya kredit korporasi ini didorong dengan telah selesainya masa konsolidasi yang dilakukan sejak 2016.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Bagikan Artikel: