Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini Ramalan Bos BI Soal Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2017

Begini Ramalan Bos BI Soal Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2017 Kredit Foto: Tri Yari Kurniawan
Warta Ekonomi, Makassar -
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardjojo mengungkapkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia memperlihatkan tren yang menggembirakan. Capaian positif pada triwulan I 2017 sebesar 5,01 persen diyakini terus meningkat. Bos BI tersebut bahkan telah memiliki ramalan pertumbuhan ekonomi nasional pada tiap triwulan sepanjang tahun ini.?
Menurut Agus, pertumbuhan ekonomi nasional sepanjang 2017 diharapkan bisa tumbuh hingga 5,4 persen. "Ekonomi Indonesia dalam keadaan baik. Triwulan I pertumbuhannya mencapai 5,01 persen dan diharapkan secara keseluruhan pada 2017, ekonomi nasional tumbuh 5,0-5,4 persen," kata Agus, seusai menghadiri serah terima jabatan Kepala Kantor Perwakilan BI Sulsel di Makassar, akhir pekan lalu.
Menurut Agus, untuk triwulan II 2017, ekonomi Indonesia diproyeksikan tumbuh 5,1 persen. Pertumbuhan ekonomi akan ditopang oleh kinerja ekspor yang terus membaik. Terlebih, semakin meningkatnya permintaan komoditas dari mitra ekspor China dan India. Khusus untuk ekspor industri manufaktur, permintaan dari importir Eropa juga naik.
"Pertumbuhan ekonomi pada triwulan II diprediksi berada pada kisaran 5,1 persen dan triwulan III dan IV diprediksi berada di atas 5,2 persen. Dengan begitu, sepanjang 2o17, ekonomi Indonesia diprediksi bertumbuh pada titik tengah antara 5,0-5,4 persen," ulas bos BI tersebut.
Berbanding lurus dengan meningkatnya target pertumbuhan ekonomi nasional, Agus mendorong perekonomian daerah meleset lebih tinggi. Sulsel misalnya yang pertumbuhannya selalu di atas angka nasional masih digenjot untuk bertumbuh lebih tinggi. Gubernur BI tersebut menantang Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel tumbuh di atas angka 8 persen.
Berdasarkan data BPS maupun BI, pertumbuhan ekonomi Sulsel pada triwulan I 2017 menembus 7,52 persen, atau meningkat dibandingkan capaian triwulan IV 2016 sebesar 7,41 persen. "Perlu adanya sinergitas dan kerja keras untuk membawa ekonomi Sulsel tumbuh di atas 8 persen. Tapi, Sulsel memiliki potensi tersebut," ucap Agus.
Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang mengungkapkan pihaknya akan terus berusaha membawa perekonomian daerahnya bertumbuh di atas angka nasional. Seperti harapan BI, pihaknya juga mengusahakan laju pertumbuhan bisa terus melesat. Diakuinya tidak akan mudah sehingga pihaknya mengharapkan adanya sinergitas seluruh pihak, termasuk dari BI.?
"Pemprov Sulsel terus mengusahakan agar ekonomi bisa bertumbuh di atas angka nasional. Lalu, untuk pengendalian inflasi, kita berusaha pertahankan di bawah angka nasional. Kita memiliki potensi untuk tumbuh dari sektor pertanian, kehutanan, perikanan dan kelautan," pungkas mantan Ketua DPRD Sulsel tersebut.

Baca Juga: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tri Yari Kurniawan
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: