Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Konferensi ‘Womenwiil’ Google Hadir di Bandung

Konferensi ‘Womenwiil’ Google Hadir di Bandung Kredit Foto: Dina Kusumaningrum
Warta Ekonomi, Bandung -

Setelah sukses menggelar Konferensi Womenwill di Jakarta pada Rabu (17/5/2017) lalu, Google kembali menggelar acara serupa pada hari ini, Rabu (24/5/2017) di Bandung. Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 1000 wanita pengusaha. Rencananya, Google akan menyelenggarakan Konferensi Womenwill selanjutnya di Surabaya pada 14-15 Juni mendatang, kemudian Semarang pada bulan Juli, dan Denpasar pada bulan Agustus.?

Fibriyani Elastria, pemimpin program Womenwill dari Google Indonesia menjelaskan bahwa Program Womenwill bertujuan untuk membimbing komunitas wanita wirausaha dan mendorong mereka (wanita) untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk membantu mereka berkembang dengan memanfaatkan teknologi.

?Objektif dari Womenwill Indonesia adalah menghapus kesenjangan peluang ekonomi. Banyak wanita Indonesia ingin berbisnis namun tidak tahu harus memulai dari mana atau dengan cara apa," papar Fibriyani. Membantu wanita lndonesia meraih lebih banyak peluang ekonomi adalah kunci untuk mencapai emansipasi dan kesejahteraan mereka.?

Menurut laporan IFC tahun 2016 dengan judul UKM yang Dimiliki Wanita di Indonesia, 51% bisnis mikro dan kecil di lndonesia dimiliki oleh wanita. Tetapi hanya 34% bisnis ukuran menengah yang dimiliki oleh kaum wanita. Selain itu, 47% wanita pengusaha Indonesia jarang memanfaatkan teknologi, seperti komputer, daIam mengembangkan bisnis mereka.?

?Dari beberapa studi, kami mengetahui bahwa bisnis yang hadir secara online tumbuh 80% lebih cepat dari bisnis yang masih offline,? tambah Fibriyani.?

Dalam kesempatan yang sama, seorang pengusaha UMKM wanita di Bandung, Aprilia Kristiawan, Founder & CEO Papyrus Photo menjelaskan, dampak signifikan yang dirasakan semenjak memutuskan bisnisnya going online.?

?Memasuki gerbang dunia digital adalah cara terefisien, efektif, dan sangat memberi dampak. Tidak ada lagi biaya promosi yang melangit dengan dampak yang tidak bisa diukur. Musuh terbesar kita sebagai kaum perempuan ialah keterbatasan. Hal itu menjadi masa lalu ketika dunia digital belum ada. Sekarang, saatnya dunia tanpa batas,? kata Aprilia.?

Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan bisnis yang ditujukan khusus untuk para wanita Indonesia sangat penting. Untuk itu, melalui program Gapura (Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat) Digital, Google juga membuat fokus turunan utama program yakni konferensi Womenwill yang berjalan beriringan di sejumlah kota di Indonesia.

Fida Heyder, Marketing UMKM Google Indonesia juga mengajak dan menjelaskan kepada para pelaku UMKM wanita yang hadir dalam acara Womenwill untuk membawa bisnis mereka going online. Para UMKM wanita bisa menggunakan Google Bisnisku yang disediakan Google secara gratis.?

"Online itu tidak hanya untuk meningkatkan pelanggan, tetapi juga untuk meningkatkan produktivitas kita. Google ingin membuktikan bahwa produk kita ini bisa dipakai oleh UKM di Indonesia," papar Fida.?

Acara tersebut juga tidak dikenakan biaya dan para peserta akan mendapatkan berbagai manfaat seperti mendapat inspirasi dari sesi sharing dengan wanita pengusaha yang telah berhasil membuktikan dirinya di dunia bisnis dan digital, mendapat edukasi dan solusi praktis tentang cara menggunakan teknologi untuk berbisnis.?

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Advertisement

Bagikan Artikel: