Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Dia Peraih Indonesia Sharia Finance Award 2017.

Ini Dia Peraih Indonesia Sharia Finance Award 2017. Kredit Foto: Ade Kurniawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pembahasan tentang perkembangan sistem ekonomi islam di Indonesia merupakan suatu hal yang menarik. Indonesia memegang predikat sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia dan sistem perekonomian berbasis syariah mulai berkembang. Kondisi ini ditandai dengan terbentuknya lembaga-lembaga keuangan syariah yang diharapkan dapat menjadi alternatif bagi perekonomian konvensional.

Sistem perekonomian syariah memiliki daya tarik tersendiri untuk didalami. Potensi penetrasi keuangan syariah dalam perekonomian masih sangat besar. Oleh karena itu, perlu dukungan dari seluruh pihak, tidak hanya pemerintah, agar keuangan syariah dapat memaksimalkan potensinya mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Selama lebih dari dua dekade perkembangan sejak tahun 1992, pengembangan keuangan syariah nasional sudah banyak mencapai kemajuan, baik dari segi kelembagaan keuangan syariah dan infrastruktur penunjangnya, keahlian dan perangkat regulasi dan sistem pengawasan, maupun awareness dan literasi masyarakat terhadap layanan jasa keuangan syariah.

Perkembangan sistem keuangan syariah juga diikuti oleh aktivitas ekonomi syariah yang secara timbal balik saling mendukung seperti industri makanan, produk kosmetika dan obat-obatan halal, fashion muslim, dan pariwisata syariah. Potensi manfaat dari berkembangnya industri keuangan syariah bagi kemaslahatan ekonomi nasional sudah banyak dibuktikan dan diasakan dari perjalanan sejarah keuangan syariah Indonesia dan negara lain.

Dengan berkembangnya industri keuangan syariah secara lebih cepat dan menjadi lebih besar, memberikan kontribusi positif dalam mendukung inklusi keuangan khususnya bagi masyarakat yang menginingkan layanan keuangan yang memenuhi prinsip syariah pada berbagai level mulai dari usaha korporasi hingga masyarakat kecil yang belum terjangkau layanan keuangan formal. Keberadaan industri keuangan syariah dapat memberikan pilihan instrument dan bentuk layanan keuangan yang lebih beragam dengan berbagai keunggulan, termasuk interaksi antar lembaga keuangan syariah yang mendorong terciptanya pendalaman pasar keuangan dan stabilitas sistem keuangan.

Industri keuangan syariah di Indonesia merupakan ritel terbesar di dunia. Indikasinya terlihat dari 18 juta rekening simpanan nasabah di 2.000 jaringan kantor Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS). (BI, 2016) Namun, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Muslim di Indonesia, pencapaian tersebut masih minim. Kondisi tersebut dibuktikan dengan pangsa pasar perbankan syariah yang masih kurang dari 5 persen. Terdapat gap yang cukup besar antara jumlah penduduk Muslim dengan jumlah nasabah pada industri keuangan syariah.

Demi memberikan solusi atas permasalah industri keuangan syariah di indonesia, Warta Ekonomi mengadakan seminar yang dikemas dalam Indonesia Sharia Finance Award 2017. Seminar ini mengusung tema ?Menuju Industri Keuangan Syariah yang Berkelanjutan? di mana terdapat dua topik seminar yaitu ?Outlook Industri Keuangan Syariah Indonesia? serta ?Literasi Keuangan Syariah untuk Meningkatkan Pangsa Pasar?.

Selain itu, perkembangan industri keuangan syariah yang semakin pesat baik pertumbuhan secara kuantitas (jumlah lembaga), produk yang makin beragam dan inovatif, kinerja keuangan yang cepat, serta kualitas layanan yang terus membaik, mendorong Warta Ekonomi memberikan apresiasi dengan menyelenggarakan Indonesia Sharia Finance Award (ISFA) 2017. Tujuan utama dari ISFA 2017 adalah untuk menyoroti praktik bisnis terbaik dari pelaku bisnis di industri keuangan syariah.

Warta Ekonomi Intelligence Unit (WEIU) menggunakan metode desk research dan quantitative research untuk mendapatkan data sekunder dan data primer yang digunakan dalam riset ISFA 2017. Desk research dilakukan untuk mengumpulkan data sekunder berupa Laporan Keuangan 2016 dan data lainnya yang menggambarkan kinerja perusahaan syariah di Indonesia sepanjang tahun 2016.

Kriteria-kriteria yang digali dalam desk research adalah sebagai berikut:

  • Perjalanan sejarah perusahaan
  • Kinerja operasional perusahaan
  • Inovasi perusahaan
  • Reputasi produk dan layanan perusahaan
  • Strategi perusahaan

Khusus perusahaan terbuka dalam indeks syariah, kriteria-kriteria yang digali adalah:

  • Kinerja fundamental emiten
  • Good corporate governance
  • Perkembangan emiten di bursa (aktivitas perdagangan saham, harga saham, dan likuiditas)

Desk research kemudian menghasilkan nominasi perusahaan-perusahaan terpilih yang akan dinilai oleh para responden pada quantitative research.

Untuk mendapatkan kandidat perusahaan yang terpilih sebagai pemenang, Warta Ekonomi melakukan serangkaian kegiatan riset kuantitatif pada Bulan April hingga Bulan Mei 2017. Kegiatan quantitative research dilakukan menggunakan wawancara telepon dan wawancara tatap muka dengan responden yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Quantitative research dilakukan untuk mengumpulkan data primer melalui survei telepon. Responden yang disurvey dipilih secara acak dan memiliki kriteria yaitu, SES ABC berusia 20 ? 50 tahun, dan tersebar di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar. Responden harus memiliki produk dan pernah merasakan layanan yang diberikan oleh institusi keuangan syariah.

Pemilihan kandidat pada survey ISFA 2017 dilakukan dengan menilai perusahaan keuangan syariah yang menjadi pilihan responden. Dasar kriteria penilaian ISFA 2017 adalah sebagai berikut:

CONSUMER CHOICE

Pemenang dalam title ini ditentukan berdasarkan pilihan konsumen, menurut responden perusahaan keuangan syariah mana yang menjadi pilihan konsumen

BEST REPUTATION

Pemenang dalam title ini ditentukan berdasarkan tingkat reputasi perusahaan, menurut responden perusahaan keuangan syariah mana yang memiliki reputasi yang baik

BEST DIGITAL

Pemenang dalam title ini ditentukan berdasarkan teknologi digital yang digunakan oleh perusahaan, menurut responden perusahaan keuangan syariah mana yang memiliki teknologi digital yang baik

BEST SERVICE

Pemenang dalam title ini ditentukan berdasarkan pelayanan yang diberikan, menurut responden seberapa baik pelayanan yang diberikan oleh perusahaan keuangan syariah

MOST RELIABLE

Pemenang dalam title ini ditentukan berdasarkan tingkat kepercayaan nasabah terhadap perusahaan, menurut responden perusahaan keuangan syariah mana yang paling dapat dipercaya

MOST EFFICIENT

Pemenang dalam title ini ditentukan berdasarkan tingkat efisiensi perusahaan keuangan syariah dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, indikator ini tidak dapat ditanyakan kepada responden sehingga pemenang dihasilkan berdasarkan observasi Tim Riset Warta Ekonomi

BEST PERFORMANCE

Pemenang dalam title ini ditentukan berdasarkan kinerja perusahaan keuangan syariah dalam setahun terakhir, indikator ini tidak dapat ditanyakan kepada responden sehingga pemenang dihasilkan berdasarkan observasi Tim Riset Warta Ekonomi

Khusus perusahaan terbuka dalam indeks syariah, kriteria penilaian berdasarkan:

  • Kinerja Fundamental Emiten

Kinerja fundamental emiten menunjukkan kinerja perusahaan selama periode penilaian. Perusahaan yang menjadi kandidat harus memiliki laporan keuangan yang tidak menderita rugi, rata-rata ROE yang tinggi, margin pendapatan kotor yang lebih besar dari 10%, peningkatan pertumbuhan penjualan dan laba per saham, serta debt to equity ratio (DER) di bawah 75%.

  • Good Corporate Governance (GCG)

Tata kelola perusahaan merupakan suatu sistem yang dirancang untuk mengarahkan pengelolaan perusahaan secara profesional berlandaskan prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, independen, serta kewajaran dan kesetaraan. Tujuan utama dilaksanakannya GCG adalah untuk mengoptimalkan nilai perusahaan bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan (stakeholders) lainnya dalam jangka panjang.

  • ?Perkembangan Emiten di Bursa

Kinerja emiten di bursa terlihat dari likuiditas saham emiten tersebut. Likuiditas saham mengukur jumlah transaksi suatu saham di pasar modal dalam suatu periode tertentu. Semakin tinggi frekuensi transaksi saham tersebut, semakin tinggi pula likuiditas saham. Kondisi ini menunjukkan bahwa saham tersebut semakin diminati oleh investor. Likuiditas dan harga saham suatu perusahaan dianggap investor sebagai petunjuk yang baik untuk mengukur tingkat efektivitas kinerja perusahaan.

Riset ini menghasilkan nama-nama perusahaan dengan awareness tertinggi dan image terbaik berdasarkan persepsi responden sebagai perusahaan keuangan syariah yang terbaik di Indonesia.

Kategori Bank Syariah

  • PT Bank Syariah Mandiri-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Consumer Choice Full-Fledged Bank
  • PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Consumer Choice Sharia Unit Bank
  • PT Bank Muamalat Tbk-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Reputation Full-Fledged Bank
  • PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Reputation Sharia Unit Bank
  • PT Bank Syariah Mandiri-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Digital Full-Fledged Bank
  • PT Bank CIMB Niaga Tbk-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Digital Sharia Unit Bank
  • PT Bank BNI Syariah-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Service Full-Fledged Bank
  • PT Bank Permata Tbk-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Service Sharia Unit Bank
  • PT Bank Muamalat Tbk-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Most Reliable Full-Fledged Bank
  • PT Bank Danamon Indonesia Tbk-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Most Reliable Sharia Unit Bank
  • PT Bank BRISyariah-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Most Efficient Full-Fledged Bank
  • PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Most Efficient Sharia Unit Bank
  • PT Bank Syariah Mandiri - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Performance Full-Fledged Bank
  • PT Bank BPD DIY-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Performance Sharia Unit Bank

Bank Syariah Terbaik

  • PT Bank Syariah Mandiri-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Full-Fledged Bank (Equity above Rp5 Trillion)
  • PT Bank Muamalat Tbk-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Full-Fledged Bank (Equity under Rp5 Trillion)
  • PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Sharia Unit Bank

Kategori Asuransi Syariah

  • PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Consumer Choice Life Insurance
  • PT Asuransi Takaful Umum-The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Consumer Choice General Insurance
  • PT Asuransi Takaful Keluarga - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Reputation Life Insurance
  • PT Asuransi Central Asia - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Reputation General Insurance
  • PT BNI Life Insurance - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Digital Life Insurance
  • PT Asuransi Adira Dinamika - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Digital General Insurance
  • PT BNI Life Insurance - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Service Life Insurance
  • PT Asuransi Jasindo Syariah - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Service General Insurance
  • PT AXA Financial Indonesia - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Most Reliable Life Insurance
  • PT Asuransi Chubb Syariah Indonesia - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Most Reliable General Insurance
  • PT Prudential Life Assurance - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Most Efficient Life Insurance
  • PT Asuransi Allianz Utama Indonesia - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Most Efficient General Insurance
  • PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Performance Life Insurance
  • PT Asuransi Takaful Umum - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Performance General Insurance

Asuransi Syariah Terbaik

  • PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Full-Fledged Life Insurance
  • PT BNI Life Insurance - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Sharia Unit Life Insurance
  • PT Asuransi Takaful Umum - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Full-Fledged General Insurance
  • PT Asuransi Jasindo Syariah - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for 2nd Best Full-Fledged General Insurance

Multifinance Syariah Terbaik

  • PT Al-Ijarah Indonesia Finance - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Consumer Choice Full-Fledged Multifinance
  • PT Adira Dinamika Multifinance - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Sharia Unit Multifinance
  • PT Amanah Finance - The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017 for Best Performance Full-Fledged Multifinance

Eminten Indeks Syariah Terbaik

The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017, Category: Agriculture Sharia Issuer

  • PT BISI International Tbk
  • PT Bumi Teknokultura Unggul Tbk
  • PT Austindo Nusantara Jaya Tbk
  • PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk
  • PT PP London Sumatra Indonesia Tbk

The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017, Category: Mining Sharia Issuer

  • PT Citatah Tbk
  • PT Samindo Resources Tbk
  • PT Mitrabara Adiperdana Tbk
  • PT Elnusa Tbk
  • PT Adaro Energy Tbk

The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017, Category: Basic Industry and Chemicals Sharia Issuer

  • PT Ekadharma International Tbk
  • PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk
  • PT Indal Aluminium Industry Tbk
  • PT Barito Pacific Tbk
  • PT Berlina Tbk

The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017, Category: Miscellaneous Industry Sharia Issuer

  • PT Astra International Tbk
  • PT KMI Wire and Cable Tbk
  • PT Pan Brothers Tbk
  • PT Supreme Cable Manufacturing & Commerce Tbk

The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017, Category: Consumer Goods Sharia Issuer

  • PT Indofood Sukses Makmur Tbk
  • PT Mayora Indah Tbk
  • PT Nippon Indosari Corpindo Tbk
  • PT Unilever Indonesia Tbk
  • PT Wilmar Cahaya Indonesia Tbk

The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017, Category: Property Sharia Issuer

  • PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk
  • PT Pakuwon Jati Tbk
  • PT Waskita Karya (Persero) Tbk
  • PT Metropolitan Kentjana Tbk
  • PT Sitara Propertindo Tbk
  • PT Hanson International Tbk

The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017, Category: Infrastructure Sharia Issuer

  • PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
  • PT Cardig Aero Services Tbk
  • PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk
  • PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk
  • PT Nusantara Infrastructure Tbk

The Winner of Indonesia Sharia Finance Award 2017, Category: Trade Sharia Issuer

  • PT Ace Hardware Indonesia Tbk
  • PT Saratoga Investama Sedaya Tbk
  • PT Metrodata Electronics Tbk
  • PT Multipolar Technology Tbk
  • PT Multifiling Mitra Indonesia Tbk

Special Mention

  • PT Witami Tunai Mandiri (TrueMoney) - Special Mention as The First Sharia Fintech in Indonesia
  • PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk - Special Mention as The Best Sharia Mortgage
  • PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk - Special Mention as The Best GCG Practice
  • PT Asuransi Bangun Askrida - Special Mention as The Top Risk Management
  • PT Asuransi Astra Buana - Special Mention for Great Support to Society
  • PT Bank Mega Syariah - Special Mention for Promoting Financial Literacy
  • PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk - Special Mention as The Best Transparency
  • PT Bank Syariah Bukopin - Special Mention for Great Support to Society
  • PT Bank Aceh - Special Mention as The Most Convincing Sharia Unit Bank
  • PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung - Special Mention for Great Customer Service
  • PT Bank BCA Syariah - Special Mention as The Best Society Sharia Financing
  • PT Bank Maybank Syariah Indonesia - Special Mention for Providing Woman's Protection Priority
  • PT Asuransi Bintang, Tbk - Special Mention as The Most Flexible Medical Insurance Provider
  • PT Mandala Multifinance Tbk - Special Mention as The Most Potential Sharia Multifinance
  • PT Sharia Multifinance Astra - Special Mention for Good Sharia Financing Practice
  • PT Bank OCBC NISP Tbk - Special Mention as The Best Sharia Mortgage Scheme
  • PT Trihamas Finance - Special Mention for Commercial Vehicle Financing

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Hanggoro
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: