Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menanti BPS Umumkan Data Ekspor Impor RI Mei 2017

Menanti BPS Umumkan Data Ekspor Impor RI Mei 2017 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Pusat Statistik (BPS) kembali akan merilis data perdagangan ekspor dan impor Indonesia. Kali ini BPS akan mengumumkan data ekspor impor bulan Mei 2017. Angka-angka tersebut bakal disampaikan langsung oleh Kepala BPS, Suhariyanto pada pukul 11.00 WIB di Gedung BPS, Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Selain mengumumkan soal ekspor dan impor, BPS akan turut menyampaikan sejumlah perkembangan lain, di antaranya perkembangan upah pekerja/buruh Mei 2017 dan perkembangan nilai tukar eceran rupiah Mei 2017. BPS juga akan turut merilis Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) Tahun 2017.

Sebelumnya, pertumbuhan ekspor Indonesia diperkirakan akan lebih tinggi dari pertumbuhan impor pada Mei 2017 ini. Berdasarkan riset Mandiri Sekuritas, surplus perdagangan Indoensia pada bulan Mei diperkirakan mencapai US$1,04 miliar, lebih tinggi dibandingkan pencapaian pada periode yang sama tahun lalu (US$373,6 juta).

Meski impor diperkirakan akan meningkat, kinerja ekspor diperkirakan terus menunjukkan kinerja yang solid di bulan Mei. Adapun kondisi ini berkebalikan dengan periode sama tahun lalu, di mana ekspor mengalami kontraksi.

Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas, Leo Putera Rinaldy dalam risetnya memperkirakan kinerja ekspor bulan Mei akan meningkat sebesar 16,7% (year-on-year/yoy) menyusul kenaikan harga komoditas serta permintaan eksternal.

?Indikasi (permintaan eksternal) tersebut dapat dilihat dari meningkatnya kegiatan ekonomi mitra dagang utama Indonesia, seperti Jepang dan Zona Euro. Lalu, ekspor Indonesia ke China meningkat 38,5% YoY pada Mei dari 34,2% di bulan sebelumnya,? ungkap Leo. Sementara itu, meski tak sebesar kenaikan eskpor, kinerja impor juga diperkirakan meningkat sebesar 11,3% yoy pada Mei.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Advertisement

Bagikan Artikel: