Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Google Beberkan Mikro Momen Pengguna Smartphone di Indonesia

Google Beberkan Mikro Momen Pengguna Smartphone di Indonesia Kredit Foto: Reuters/Lucy Nicholson
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perilaku konsumen selalu berubah. Hari ini, kompetisi untuk mengambil hati konsumen ada di micro-moments (momenmikro), yaitu saat-saat niat pengambilan keputusan dan preferensi terjadi di sepanjang perjalanan konsumen.

Sejak ponsel pintar menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, terjadi perubahan mendasar dalam cara orang mengkonsumsi media. Yang dulunya terkonsentrasi dan dapat diprediksi kini bisa terfragmentasi dan sukar diprediksi. Ada ratusan momen seperti ini setiap hari, dari mulai mengecek waktu, mengirim pesan kepada pasangan, sampai ke mengobrol dengan teman di media sosial.

Selain itu, ada momen-momen lain the I want-to-know moments (ingin mengetahui), I want-to-go moments (ingin pergi), I want-to-do moments (ingin melakukan), and I want-to-buy moments (ingin membeli) yang juga tak kalah penting. Momen-momen ini disebut momen mikro, dan hal ini sangat vital bagi konsumen dan merek.

Momen mikro terjadi saat seseorang secara refleks menggunakan perangkat, umumnya ponsel pintar atau tablet, untuk bertindak berdasarkan kebutuhan untuk mempelajari sesuatu, melakukan sesuatu, menemukan sesuatu, melihat sesuatu, atau membeli sesuatu. Mikro momen menjadi penting karena pada momen itulah keputusan dibuat dan preferensi terbentuk. Pada mikro momen, ekspektasi konsumen lebih tinggi dari sebelumnya. Ponsel pintar yang kita bawa di saku kita telah membiasakan kita untuk mengharapkan merek untuk segera memberikan apa yang kita cari ketika stimulus pertama kali datang.?

Oleh karenanya, mengetahui momen mikro dan trennya menjadi vital bagi para pemasar ataupun pengiklan yang ingin memanfaatkan kebiasaan dari calon konsumen. Berikut empat data seputar mikro momen yang dialami para pengguna ponsel pintar di Indonesia.

92% cenderung akan membeli produk dari usaha/perusahaan yang situs web atau aplikasinya membantu calon konsumen mendapatkan informasi dengan mudah. 87% berubah pikiran saat ingin membeli suatu produk di toko setelah membaca tentang produk lain melaui ponsel mereka.

79% menemukan produk atau merek baru dari hasil penelusuran. 77% mengunjungi toko atau situs web setelah melakukan riset lewat ponsel pintar mereka terhadap produk/brand yang ingin mereka beli.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: