Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Survei Perbankan: Penyaluran Kredit Diperkirakan Meningkat di Kuartal III 2017

Survei Perbankan: Penyaluran Kredit Diperkirakan Meningkat di Kuartal III 2017 Kredit Foto: Antara/Jojon
Warta Ekonomi, Jakarta -

Hasil Survei Perbankan Bank Indonesia (BI) mengindikasikan pertumbuhan kredit baru pada triwulan II-2017 meningkat. Kenaikan pertumbuhan kredit diperkirakan masih akan berlanjut pada triwulan III-2017.

"Hal tersebut terindikasi dari kenaikan Saldo Bersih Tertimbang (SBT) permintaan kredit baru dari 52,9% pada triwulan I-2017 menjadi 84,8% pada triwulan II-2017 dan 99,3% pada triwulan III-2017," tulis BI dalam keterangan resminya di Jakarta, Akhir pekan ini.

BI menjelaskan, perkiraan meningkatnya penyaluran kredit terutama didorong oleh perkiraan kondisi ekonomi yang lebih baik dan penurunan risiko penyaluran kredit.

"Sementara prioritas penyaluran kredit menurut jenis penggunaannya adalah kredit modal kerja, kredit investasi dan kredit konsumsi. Sedangkan berdasarkan sektor ekonomi, prioritas utama berubah dari sektor pengolahan ke sektor perdagangan besar dan eceran," jelas BI.

Kebijakan penyaluran kredit perbankan pada triwulan III-2017 diperkirakan lebih longgar dari triwulan sebelumnya. Perkiraan kondisi ekonomi yang lebih baik dan likuiditas yang memadai mendorong responden untuk meningkatkan plafon kredit (credit lines) dan menurunkan biaya premi kredit berisiko pada triwulan III-2017.

Hasil Survei Perbankan juga mengindikasikan pertumbuhan kredit keseluruhan tahun 2017 diperkirakan sebesar 12,4% (yoy), lebih rendah dibandingkan 13,2% (yoy) pada hasil survei triwulan sebelumnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: