Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Laba Bersih Bank Ganesha Naik 58% di Semester I 2017

Laba Bersih Bank Ganesha Naik 58% di Semester I 2017 Kredit Foto: Bank Ganesha
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Ganesha Tbk (Bank Ganesha) membukukan laba bersih setelah pajak (tidak diaudit) sebesar Rp25,7 miliar di semester I 2017, naik 58% year-on-year (YoY) dari Rp16,3 miliar dalam periode yang sama pada 2016.

Bank Ganesha juga mencatatkan perbaikan kinerja operasional didukung oleh kapasitas pendapatan yang kuat dan disiplin untuk mengurangi dan merampingkan biaya operasional sembari terus berinvestasi dalam pengembangan infrastruktur dan kapabilitas perbankan.

Total pendapatan operasional naik 67% yoy menjadi Rp. 115,7 miliar yang didorong oleh pertumbuhan yang kuat pada Pendapatan Bunga Bersih dan Pendapatan Berbasis Biaya. Pendapatan Bunga Bersih tumbuh 70% yoy menjadi Rp. 103,0 miliar dari Rp. 65,0 miliar setahun sebelumnya, didukung oleh pertumbuhan kredit yang signifikan.

Pendapatan Berbasis Biaya naik 47% yoy menjadi Rp. 12,6 miliar dari Rp. 8,6 miliar setahun sebelumnya terutama didorong oleh kinerja yang baik dalam pendapatan biaya, komisi dan keuntungan yang direalisasikan atas penjualan sekuritas.

"Tahun ini kami merayakan ulang tahun ke-25, dan dengan senang hati saya menyampaikan bahwa Bank Ganesha mencatat kinerja operasional yang solid dan mempertahankan neraca yang kuat pada semester pertama tahun 2017, didorong oleh momentum yang baik pada bisnis perbankan ritel dan komersial kami," ujar Presiden Direktur Bank Ganesha Surjawaty Tatang dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (28/7/2017).

Setelah suksesnya proses Penawaran Umum Perdana Saham ("IPO") pada semester pertama 2016, struktur permodalan Bank saat ini tetap sangat kuat, tercermin dari Rasio Kecukupan Modal (CAR) sebesar 32,1% pada 1H17. Posisi permodalan ini jauh di atas persyaratan regulator dan tetap mendukung pertumbuhan bisnis. Perbaikan permodalan juga mendorong Bank Ganesha masuk menjadi salah satu bank terkemuka dalam kategori BUKU II dengan total ekuitas sebesar Rp1,09 triliun.

"Permodalan yang jauh lebih kuat memungkinkan Bank untuk mengembangkan portofolio kreditnya sebesar 40% yoy menjadi Rp2,566 triliun pada akhir Juni 2017 dari Rp1,837 triliun setahun sebelumnya, yang terdiversifikasi dengan baik dan disalurkan ke berbagai sektor. Total aset mencapai Rp4,336 triliun, naik 37% yoy dari Rp3,157 triliun di tahun sebelumnya," tandasnya.

Pada sisi kewajiban, total Dana Pihak Ketiga juga naik pesat mencapai Rp3,142 triliun pada akhir Juni 2017, atau naik 52% yoy, didukung oleh pertumbuhan yang kuat terutama pada deposito sebesar 66% yoy menjadi Rp2,078 triliun. Likuiditas tetap sehat dimana Bank mempertahankan LDR yang stabil di level 88%.

Sementara Non Performing Loan("NPL") Gross membaik menjadi 1,35% pada 1H17 dari 2,13% di tahun sebelumnya, sementara NPL Net juga membaik menjadi 0,82% dari 1,11%.

"Sepanjang semester kedua 2017, kami akan tetap optimis namun berhati-hati dan akan terus memperkuat bisnis yang ada sembari mempercepat pengembangan inisiatif perbankan digital dan transaksional kami dan arus pendapatan non-pembiayaan," tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: