Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Transformasi XL Tunjukkan Hasil Positif

Transformasi XL Tunjukkan Hasil Positif Kredit Foto: Dina Kusumaningrum
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah mengumumkan hasil audit untuk periode enam bulan pertama yang berakhir per 30 Juni 2017. XL Axiata berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja yang menggembirakan di kuartal 2 tahun 2017. Pendapatan terus tumbuh menjadi Rp5,7 triliun dan ini merupakan pertumbuhan yang terjadi secara terus menerus dalam 3 kuartal terakhir.

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan bahwa pertumbuhan pendapatan jasa yang kuat ini ikut mendorong peraihan laba bersih sebesar Rp95 miliar. Hasil kinerja ini tidak terlepas dari penerapan secara konsisten Agenda Transformasi 3R yang telah XL Axiata jalankan sejak 2015 untuk menjadi Data Focused Company.

"Kuatnya kinerja XL Axiata pada kuartal 2 tahun 2017 ini terlihat dari pertumbuhan yang terus terjadi secara konsisten dibandingkan kuartal sebelumnya, maupun dibandingkan periode yang sama tahun lalu. XL Axiata mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 8% QoQ atau meningkat 8% YoY," katanya, di Jakarta, Selasa (31/7/2017).

Menangkap momentum positif ini, XL Axiata menindaklanjutinya dengan meneruskan program bundling dengan ponsel smartphone yang menawarkan kemudahan kepada pelanggan untuk mendapatkan smartphone beragam tipe beserta paket layanan data yang menarik dari XL Axiata. Hingga akhir Juni 2017, jumlah pelanggan yang menggunakan smartphone juga terus meningkat dan menjadi sekitar 67% dari total pelanggan.

Sementara itu, pelanggan layanan XL 4G LTE juga terus tumbuh dan telah mencapai sekitar 40% dari total pelanggan. "Terus bertambahnya pelanggan yang beralih menggunakan layanan data 4G juga tidak terlepas dari berhasilnya penerapan strategi dual brand untuk produk layanan XL Axiata, yaitu XL yang ditujukan untuk pelanggan segmen kerah putih, dan AXIS untuk pelanggan segmen anak muda. Pada kedua brand tersebut, XL Axiata telah meluncuran program-program promo layanan data yang memberikan benefit lebih untuk pelanggan," terangnya.

Salah satu program promo yang mendapatkan sambutan sangat bagus dari pelanggan ialah Xtra Combo yang menyediakan paket YouTube Tanpa Kuota. Promo ini menawarkan benefit berupa akses gratis ke YouTube hingga kuota tertentu, serta bonus menarik untuk layanan telepon dan SMS.

Selain itu, pelanggan segmen anak muda juga tertarik pada program promo AXIS HITZ yang menawarkan keuntungan berupa tarif telepon?irit Rp99 per menit dan bonus mengirimkan SMS dalam jumlah yang banyak ke semua operator. Selain itu juga masih ada bonus tambahan berupa akses chatting menelepon, dan video call melalui aplikasi chatting WhatsApp, LINE, dan BBM yang berlaku di jaringan 4G/3G/2G sepuasnya setiap hari.

XL Axiata juga terus meningkatkan daya tarik layanan XL Prioritas, yang merupakan produk pascabayar. Seiring dengan terus meningkatkan popularitas layanan ini di masyarakat, jumlah pelanggan XL Prioritas terus meningkat signifikan. Selain itu, pelanggan high value juga telah merespons dengan baik kehadiran merek premium ini termasuk dengan keseluruhan pengalaman layanan yang lebih baik. Selain itu, upaya XL Axiata untuk lebih memenuhi permintaan atas layanan internet berkecepatan tinggi melalui layanan mobile broadband (MBB) XL GO juga terus mendapatkan respons yang menjanjikan dari masyarakat.

Pelanggan layanan XL Go telah mencapai lebih dari 120.000 pelanggan atau meningkat 284% dari pertama kali diluncurkan pada paruh kedua tahun 2016 lalu. Semua kerja keras XL Axiata tersebut telah berhasil meningkatnya total jumlah pelanggan menjadi lebih 50,5 juta pelanggan, meningkat 15% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. ARPU blended XL Axiata di kuartal 2 sebesar Rp 34.000, meningkat 3% dari kuartal sebelumnya. Pencapaian ini sejalan dengan agenda transformasi yang berfokus meraih pelanggan yang berkualitas sesuai sasaran sebagai bagian dari Agenda Transformasi.

"Di kuartal 2, XL Axiata mencetak laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA) yang meningkat 12% QoQ ?menjadi Rp 2,1 triliun. EBITDA margin juga meningkat 1,5% QoQ menjadi 36,5%, sebagai hasil dari fokus XL Axiata pada profitabilitas yang merupakan inti dari Agenda Transformasi. ?Faktor utama dalam pencapaian pertumbuhan EBITDA tersebut adalah pertumbuhan pendapatan yang kuat seiring dengan efisiensi biaya," terangnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Advertisement

Bagikan Artikel: