Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

RSU Pusat Ambon Siap Dibangun Januari 2018

RSU Pusat Ambon Siap Dibangun Januari 2018 Kredit Foto: Runni Lubis
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Gubernur (Wagub) Maluku Zeth Sahuburua menegaskan Rumah Sakit Umum (RSU) Pusat Ambon siap dibangun mulai bulan Januari tahun 2018.

"Kunjungan kerja rombongan Kemenkes ke Ambon ini untuk mengecek sejauh mana kesiapan Pemprov Maluku untuk membangun RSU Pusat Ambon, terutama untuk kesiapan lahannya karena dananya sudah tersedia," kata?Sahuburua dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Dia mengatakan pihak Pemprov sudah memaparkan kesiapan lahan seluas 9,4 hektare dengan tahap pertama seluas 4,6 hektare. Menurut Sahuburua, pihak Kemenkes menginformasikan bahwa dalam waktu dekat ada tiga RSU Pusat yang akan dibangun di wilayah timur Indonesia.

"Ketiga RSU Pusat tersebut masing-masing satu di Papua, satu di Nusa Tenggara Timur, dan satu di Maluku. Tapi kata Pak Sekjen Kemensos, kita di Maluku yang lebih siap. Oleh karena itu, kita akan mendapatkan prioritas utama," tuturnya.

Mestinya, kata Sahuburua, pada tahun kemarin RSU Pusat di Ambon ini sudah dibangun, namun ada sedikit persoalan dalam pembebasan lahan khususnya yang menyangkut tanah adat. Ia mengatakan dana yang akan dikucurkan untuk pembangunan?RSUP Ambon ini sekitar Rp540 miliar.

"Tapi syukurlah masalah tanah sudah beres sehingga kita sudah bisa start pembangunannya tahun depan dan selesai tepat pada waktunya. Rencana kita, pembangunannya hanya dalam jangka waktu dua tahun," ujarnya.

Adapun, Sekjen Kemekes Untung Suseno Sutarjo mengatakan kesiapan Maluku terkait pembangunan RSU Pusat sudah sangat baik.

"Yang penting kan lahan dulu kita siapkan. Sekarangkan kita lihat lahannya, seperti itu, proses perencanaanya juga sudah jalan, tinggal amdal dan lain-lain kita lengkapi dan jika semuanya sudah lengkap insya Allah tahun depan kita sudah mulai bangun," ujar Untung.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: