Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dukung UKM Lazada Gelar Roadshow di 11 Kota

Dukung UKM Lazada Gelar Roadshow di 11 Kota Kredit Foto: Lazada
Warta Ekonomi, Jakarta -

Guna mendukung dan memajukan industri lokal sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) e-commerce Lazada akan menggelar roadshow #UpgradeUKM di 11 kota potensial di seluruh Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan mulai bulan Agustus ini diyakini dapat memberikan edukasi untuk?mengetahui tantangan yang dihadapi dari para pelaku UKM dan memberikan solusi dalam mengembangkan usahanya.

"Tidak hanya di kota-kota besar, Lazada terus mencari, memfasilitasi dan membantu pedagang dan UKM di berbagai pelosok tanah air dalam pengembangan usaha. Kami ingin mendukung pemerintah dalam menciptakan lebih banyak titik digital perekonomian baru di seluruh Indonesia, melalui misi upgrade UKM ini. Apalagi saat ini Lazada menjalankan gratis ongkir, sehingga penjual di berbagai daerah dapat menjangkau pembeli dimanapun tanpa harus khawatir ongkos kirim," ujar Co-CEO Lazada Indonesia Florian Holm, Jakarta, Kamis (10/8/2017).

Terkait roadshow ini, Lazada juga menggandeng Facebook dan SiCepat untuk mengedukasi UKM-UKM di kota-kota yang dikunjungi. Di setiap kota tersebut akan diselenggarakan seminar dan forum edukasi mengenai industri e-commerce dan ekosistem digital beserta potensi-potensi yang dapat diraih di masa depan kepada para wirausahawan, termasuk para pedagang dan UKM setempat.?

"Hal ini sejalan dengan pesan Presiden RI, Joko Widodo, terkait pentingnya meningkatan jumlah titik pusat perekonomian baru di Indonesia," kata Florian lagi.

Selama roadshow #upgradeUKM, partisipan akan mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai cara memanfaatkan marketplace online untuk usaha mereka, dan juga kiat sukses dari sejumlah seller yang berpengalaman dan berhasil mengembangkan usahanya di Lazada.?

?Target kami sekarang adalah untuk membantu pedagang lokal atau UKM dari segala macam bidang industri di seluruh Indonesia agar dapat maju bersama-sama tujuan Presiden RI, Joko Widodo dalam hal meningkatkan pertumbuhan ekonomi negeri ini,? ujar Florian.?

Florian mengungkapkan, sejak beberapa waktu lalu Lazada memberikan fasilitas gratis ongkos kirim kepada para pelanggan. Tujuannya, agar masyarakat semakin semangat terus berbelanja online, khususnya di platform Lazada. Hal ini dilakukan karena didukung oleh tiga gudang Lazada yang berlokasi di Jakarta, Surabaya dan Medan. Jadi, tim Lazada bisa melakukan sendiri packing barang yang di-order konsumen dan mengirimnya kerja sama dengan logistik SiCepat.?

Disinggung soal ongkos kirim (ongkir) gratis ini, Florian menegaskan promo ini sampai dengan seterusnya dengan berat barang maksimal 7 kilogram dan belanja minimal Rp50 ribu.?

"Strategi marketing gratis ongkos kirim akan menggenjot berkali lipat penjualan para UKM yang tergabung di Lazada sekitar 30 ribu UKM dari berbagai sektor usaha, seperti garmen, fashion, furnitur, merchandise, food and beverage, dan lainnya," ungkapnya.

Dalam peluncuran program roadshow #upgradeUKM ini turut dihadiri oleh Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia Ricky Pesik, Co-CEO Lazada Indonesia Florian Holm Wiwin, Head of Sales and Marketing SiCepat Dewi Herawati, dan influencer and entrepreneur Shandy Aulia.

Bekraf sendiri memiliki misi yang serupa dengan Lazada dalam mendukung UKM-UKM kreatif di Indonesia. Pembinaan keterampilan dan kemampuan berbisnis, membantu menyediakan platform-platform berjualan dan mendorong citra dan pemasaran produk adalah 3 fokus utama Bekraf.?

Diharapkan melalui roadshow #UpgradeUKM, lebih banyak UKM kreatif yang terbantu dan terdorong untuk upgrade bisnisnya bahkan hingga level global. Menurut Ricky Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF), pihaknya selalu mendukung dan menyambut baik inisiatif sektor swasta untuk merangkul dan membantu UKM di berbagai daerah di Indonesia agar dapat lebih maju, mampu meningkatkan daya saing dan mengembangkan usahanya lebih besar lagi.?

?Saya harapkan para pelaku UKM di berbagai daerah, terutama UKM kreatif, memanfaatkan kesempatan yang dihadirkan melalui program #UpgradeUKM ini dengan baik, sehingga dapat lebih sukses lagi usahanya, bangga menjadi wirausahawan dan berkontribusi dalam perkembangan perekonomian daerah juga nasional,? jelasnya.

Baca Juga: Anggaran Pilkada Serentak di Bali Capai Rp 456,9 Miliar Lebih

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Advertisement

Bagikan Artikel: