Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kereta Api Logistik Mulai Angkut Semen Baturaja

Kereta Api Logistik Mulai Angkut Semen Baturaja Kredit Foto: Semen Baturaja
Warta Ekonomi, Baturaja -

Pemberangkatan perdana kereta api pengangkut Semen Baturaja mulai dilakukan. Pemberangkatan dimulai dari Stasiun Tiga Gajah di Baturaja, Sumatera Selatan, Jumat (11/8/2017).

Pemberangkatan perdana kereta api pengangkut semen ini merupakan tindak lanjut penandatanganan kontrak oleh Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) TBK Rahmad Pribadi dan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Kereta Api Logistik (Kalog) Junaidi Nasution di Kantor Pusat Kalog, Jakarta, Senin (31/7/2017).

Sekretaris Perusahaan Semen Baturaja RM Rum Hendarmin mengatakan kereta pengangkut akan menempuh rute dari Baturaja ke Lubuk Linggau pada perjalanan perdana kali ini.

"Sejauh 322 kilometer," katanya di Stasiun Tiga Gajah, Baturaja.

Rum mengemukakan kerja sama angkutan semen menggunakan kereta api bertujuan untuk mempertahankan posisi strategis Semen Baturaja di wilayah Sumatera Selatan dan Lampung. Total volume angkutan semen melalui kereta api, menurut Rum, jumlahnya akan mencapai 5000 metrik ton (MT) per hari.

"Dengan total volume sebesar 1,75 juta MT per tahun," ujarnya.

Kereta api, menurut M Rum, akan menjadi transportasi utama angkutan Semen Baturaja. Dia mengutarakan rute jarak tempuh dan target operasi yang hendak dicapai dalam kerja sama dengan Kalog?sebagai berikut

1. Baturaja-Palembang (Sumatera Selatan)

Jarak tempuh: 170 km

Target operasi: Agustus 2017

2. Baturaja-Lubuk Linggau (Sumatera Selatan)

Jarak tempuh: 322 km

Target Operasi: Agustus-September 2017

3. Baturaja-Tegineneng (Lampung)?

Jarak tempuh: 191 km ?

Target operasi: Agustus 2017, sebagai hub distribusi November 2017

4. Baturaja-Panjang (Lampung)?

Jarak tempuh: 227 km

Target operasi: Agustus 2017

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Semen Baturaja Rahmad Pribadi menekankan perubahan moda transportasi dari truk ke kereta api dilakukan karena penggunaan kereta api sebagai angkutan semen jauh lebih ekonomis dibanding menggunakan truk.

"Selisih biayanya hampir mencapai 30 persen," katanya.

Selain lebih murah, Rahmad mengingatkan jika angkutan kereta api lebih dapat diandalkan (reliable) dibanding menggunakan truk karena waktu keberangkatan dan kedatangan lebih mudah diperkirakan. Namun, Rahmad mengatakan semen akan tetap diangkut menggunakan truk setelah selesai diangkut menggunakan kereta api.

Ia?juga mengharapkan sinergi dengan Kalog?tidak hanya berhenti pada angkutan semen saja. Lelaki yang meraih gelar Master di Harvard University, Amerika Serikat, tersebut berujar jika ke depan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dinahkodainya juga akan membangun pusat distribusi (distribution center) dengan melibatkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) sekaligus Kaloh?sebagai anak perusahaan PT KAI.

Rahmad mengutarakan kemungkinan besar pusat distribusi akan berada berdampingan dengan stasiun kereta api.

"Jika tidak berdampingan, minimal berdekatan," pungkasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: