Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2017, BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi RI 5-5,4%

2017, BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi RI 5-5,4% Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Indonesia (BI) tetap optimis pertumbuhan ekonomi tahun ini dalam kisaran 5,0-5,4% dan akan meningkat menjadi 5,1-5,5% pada tahun 2018.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman mengatakan pertumbuhan ekonomi ke depan diperkirakan akan membaik ditopang oleh peningkatan investasi dan konsumsi seiring dengan berlanjutnya dampak belanja pemerintah yang lebih ekspansif serta pemanfaatan ruang pelonggaran kebijakan moneter.

"Pada triwulan II-2017, ekonomi Indonesia memang tumbuh lebih rendah dari perkiraan semula. Pertumbuhan ekonomi tercatat 5,01% (yoy), lebih rendah dari periode yang sama pada 2016 sebesar 5,18% (yoy)," kata Agusman di Jakarta, Selasa kemarin (22/8/2017).

Dari sisi global ekspansi perekonomian dunia diperkirakan akan terus berlanjut disertai dengan terjadinya pergeseran sumber-sumber pertumbuhan. Perekonomian Tiongkok diperkirakan tumbuh lebih baik ditopang oleh konsumsi yang solid dan ekspor yang meningkat.

Di Eropa pertumbuhan ekonomi juga diperkirakan lebih baik seiring dengan peningkatan aktivitas konsumsi dan kinerja ekspor yang meningkat. Di sisi lain, perekonomian AS diperkirakan tumbuh lebih rendah sejalan dengan konsumsi yang melemah dan investasi yang tertahan oleh prospek penurunan harga minyak.

"Perkembangan ekonomi global tersebut berpotensi mendorong peningkatan volume perdagangan dunia dan masih tetap tingginya harga komoditas global. Sementara itu, kenaikan FFR diperkirakan akan terjadi satu kali pada akhir tahun 2017 dan normalisasi neraca bank sentral AS diperkirakan akan diumumkan pada September 2017," pungkas dia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: