Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Kunci Peningkatan Efektivitas Pemasaran Sektor Ritel

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Hingga saat ini performa laporan keuangan dari industri e-commerce masih belum memuaskan. Padahal, data membuktikan bahwa secara umum jumlah pelanggan bertambah dan nilai transaksi juga meningkat.

Ketua Umum Indonesia E-Commerce Association (IdEA) Daniel Tumiwa menyatakan mengatakan salah satu faktor yang menyebabkan performa keuangan industri e-commerce masih belum memuaskan adalah aktivitas pemasaran (marketing) yang menyerap biaya relatif tinggi mengingat upaya pemasaran yang ekspansif memiliki peran penting dalam memenangkan pelanggan dan meningkatkan volume penjualan.

Menanggapi hal tersebut, Sales Director SAS Indonesia Peter Sugiapranata menjelaskan bahwa terdapat sebuah alternatif solusi untuk meningkatkan efisiensi pemasaran dengan memahami perilaku konsumen lebih baik sehingga pelaku bisnis ritel dapat mengeksekusi program pemasaran yang lebih tepat sasaran.

"Upaya pemasaran merupakan elemen vital dalam menggerakkan bisnis yang customers-centered, termasuk pada sektor ritel. Untuk memenangkan pelanggan baru sekaligus mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah ada, pelaku bisnis dapat memanfaatkan data pelanggan yang dimiliki. Pada tahap inilah analitik dapat membantu perusahaan menjadikan data pelanggan sebagai sumber daya bisnis dan mengolahnya menjadi wawasan yang dapat digunakan untuk merancang aktivitas pemasaran yang lebih efisien," kata Peter Sugiapranata dalam rilis pers yang diterima Warta Ekonomi di Jakarta, Rabu (2/12/2015).

Peter memaparkan pemanfaatan analitik pada aktivitas pemasaran dapat mendukung proses pembuatan keputusan yang  lebih baik di berbagai kanal. Dalam memacu peningkatan profit dan loyalitas pelanggan, jelasnya, analitik membantu perusahaan meraih efisiensi pemasaran melalui fitur-fitur komprehensif yang menghasilkan manfaat, yaitu

Marketing Campaign dengan Hambatan Minimum

Dengan pemanfaatan analitik, perusahaan dapat meraih otomatisasi pemasaran yang lebih baik. Proses yang dapat dilacak serta mudah diulangi mempermudah perusahaan melakukan pemasaran yang lebih tepat sasaran dan lebih cepat. Otomatisasi pemasaran juga mampu  menetapkan rencana dan eksekusi marketing campaign hanya dengan sekali klik pada mouse.

Wawasan sebagai Keunggulan Kompetitif

Analitik memiliki kapabilitas untuk mengolah interaksi pelanggan menjadi wawasan (insight) yang dapat dijadikan sebagai sumber daya untuk memperkuat loyalitas pelanggan. Melalui analitik, perusahaan dapat menentukan penawaran yang lebih akurat kepada pelanggan, termasuk model cross-sell dan up-sell maupun beragam kombinasi produk yang sesuai.

Aksesibilitas dan Ketersediaan Data yang Lebih Baik

Data pelanggan yang dibutuhkan perusahaan dapat selalu diakses dan tersedia dengan pemetaan informasi melalui analitik. Selain itu, proses data quality dalam analitik menjamin bahwa data pelanggan yang dimiliki valid, bernilai tinggi, serta dapat dipercaya, sehingga dapat digunakan untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih baik.

Program Pemasaran yang Adaptif

Melalui analitik, perusahaan dapat menyusun proses marketing campaign yang disesuaikan berdasarkan keperluan bisnis maupun dikarenakan isu industri tertentu. Setelah dikembangkan, proses tersebut dapat disimpan dan diterapkan ulang apabila dibutuhkan kembali.

"Dengan bermodalkan data dan pemanfataan analitik, perusahaan mampu menghemat sumber daya dalam kegiatan pemasaran sehingga dapat memaksimalkan profitabilitas. Selain efisiensi dan efektivitas pemasaran, penggunaan analitik dalam penyusunan strategi pemasaran juga dapat meningkatkan pengalaman dan loyalitas pelanggan sebab pesan dan penawaran yang disampaikan kepada pelanggan menjadi lebih akurat dan tepat sasaran," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: