Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apresiasi Produk Kerajinan, Pemerintah Gelar Dekranas Award 2015

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan menyelenggarakan Dekranas Award untuk kedua kalinya pada 2015.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Nus Nuzulia Ishak mengatakan Dekranas Award merupakan bentuk dukungan pemerintah dalam upaya mengembangkan produk, khususnya kerajinan. Kegiatan tersebut diharapkan dapat  memotivasi para perajin serta meningkatkan ekspor dan daya saing produk kerajinan unggulan daerah.

"Melalui apresiasi pemerintah ini diharapkan dapat memotivasi perajin untuk terus meningkatkan cipta kriyanya, khususnya yang dapat mendukung pengembangan ekspor," katanya di Jakarta, Senin (14/12/2015).

Nuz mengungkapkan kinerja  ekspor produk kerajinan mengalami  pertumbuhan yang  positif. Berdasarkan data BPS yang diolah Kemendag, pada periode tahun 2010-2014 ekspor produk kerajinan Indonesia mengalami pertumbuhan positif sebesar 2,63% per tahun, dengan total ekspor kerajinan Indonesia tahun 2014 mencapai USD 694,34 juta.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Dekranas Award, Retno Damayanti Rachmat Gobel mengungkapkan ada peningkatan yang cukup signifikan pada jumlah peserta Dekranas Award tahun ini.

"Terjadi peningkatan jumlah peserta sebesar 33,6% dibanding pada penyelenggaraan Dekranas Award pertama pada 2013 lalu. Ini sangat menggembirakan," ungkapnya.

Seperti diketahui Dekranas Award diberikan kepada para perajin melalui "Dekranas Award Produk Karya Kriya Terbaik Indonesia" yang penjuriannya berlangsung 14-16 Desember 2015. Sementara para pembina akan diberi penghargaan "Dekranas Award Pembina Teladan" dan akan dilaksanakan penjuriannya pada Februari 2016.

Dekranas Award Karya Kriya Terbaik diberikan pada perajin, produsen, ataupun desainer yang berhasil mengembangkan produk kerajinan yang berkualitas, otentik, inovatif, dan berorientasi pasar, baik domestik maupun international.

Selain itu, produknya juga dipilih yang memperhatikan unsur ramah lingkungan dan tanggung jawab sosial. Evaluasi penjurian untuk Produk Karya Kriya dilakukan para profesional di bidang produk kerajinan.

Peserta Dekranas Award Karya Kriya Terbaik Indonesia berasal dari beberapa Provinsi Kabupaten dan Kota di Indonesia. Tahun ini ada 282 produk yang dinilai dan terbagi dalam 8 kategori produk, yaitu tekstil, serat alam, keramik, kayu, logam, batu-batuan, bahan baku alam, serta bahan baku alam lain yang telah diproses.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: