Sambut Harbolnas, 700 UKM Gelar Diskon Lewat Situs Smescotrade.Com
Smescotrade.com, situs belanja online milik Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLPKUKM) Kementerian Koperasi dan UKM akan menggelar diskon besar-besaran dengan lebih dari 700 UKM akan berpartisipasi.
Diskon besar-besaran hingga 70 persen tersebut digelar dalam rangka memeriahkan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), kata Direktur Bisnis dan Marketing, Kementerian Koperasi LLM-KUKM, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Bagus Rachman dalam Siaran pers di Jakarta, Senin (5/12/2016).
Diskon ini berlaku pada 700 UKM seluruh Indonesia mulai tanggal 10 Desember dan berlaku selama bulan Desember 2016, ujarnya.
LLP-KUKM atau dikenal dengan nama Smesco (Small Medium Enterprise Cooperative Indonesia), ujarnya, ingin memanfaatkan momen istimewa akhir tahun dengan memberikan pengalaman belanja online yang mengesankan kepada masyarakat, sekaligus menggairahkan ekonomi Indonesia berupa diskon besar UKM dari seluruh penjuru Tanah Air dengan ongkos kirim gratis.
Total produk smescotrade.com yang akan meramaikan acara Harbolnas mencapai Rp26 miliar, dari Galeri Indonesia WOW sebesar Rp19,7 milyar dan dari Paviliun yang ada di tingkat provinsi Rp7,2 miliar.
Smescotrade.com sudah menggelar ribuan produk UMKM yang dibagi menjadi 8 Kategori yang dipromosikan bersama smescotrade.com, yakni pakaian dan batik, barang kerajinan, furnitur, tenun dan songket, tas dan sepatu, makanan dan minuman, spa, fashion dan aksesori.
Direktur Utama LLP-KUKM Kementrian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi mengatakan, Harbolnas didukung transaksi ecommerce antara lain: jaringan logistik JNE & Lion Parcell; kemudahan transaksi dengan Doku untuk "payment gateway" agar dapat lebih mudah melakukan pembayaran dengan kartu kredit (Visa, Master) serta akses debit dan ATM dari seluruh bank di Indonesia.
Ia mengatakan, Smesco Indonesia juga sudah lama menjalin kerja sama dengan e-marketplace seperti Blibli.com, Bhineka.com, Heritage.id, Bukalapak.com, Qlapa.com, serta merespon program Kementerian Komunikasi dan Informatika satu juta domain pada 2019, di mana diharapkan smescotrade.com menjadi e-marketplace bagi 30.000 UKM dan Koperasi. "Dengan promosi dan perluasan akses pasar produk Nusantara yang dipajang di Galeri Indonesia WOW dan Paviliun Propinsi, UKM akan semakin dikenal masyarakat online," katanya.
Selain mempromosikan website smescotrade.com, Smesco Indonesia juga menjajaki produk KUKM melalui aktivitas pameran di dalam dan luar negeri untuk meningkatkan peluang ekspor produk UKM Nasional. (Ant)
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Vicky Fadil