Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Telkom Gelar Pameran UMKM Digital Pertama di RI

        Telkom Gelar Pameran UMKM Digital Pertama di RI Kredit Foto: Boyke P. Siregar
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dalam upaya meningkatkan kualitas dan daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk menyelenggarakan Pameran Telkom Craft Indonesia pada 10-12 Maret 2017 di Hall A Jakarta Convention Centre (JCC). Pameran yang mengambil tema Local Heroes to Global Champion ini dibuka secara resmi oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno dan disaksikan para direksi BUMN.

        Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan UMKM saat ini masih memerlukan bimbingan dan pendampingan dalam hal standar pengembangan produk, kualitas, serta pemanfaatan teknologi dan manajemen. UMKM juga membutuhkan akses ke pasar yang lebih luas melalui pameran dan penjualan online.

        "Yang tak kalah penting para pelaku UMKM perlu dukungan permodalan. Oleh karena itu, Kementerian BUMN mendorong BUMN untuk bersinergi membangun Rumah Kreatif BUMN (RKB) di seluruh kota/kabupaten di Indonesia untuk memberikan solusi permasalahan-permasalahan tersebut," kata Rini.

        Rini berharap melalui kehadiran RKB, kehadiran BUMN benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya oleh para pelaku UMKM.

        "Apresiasi patut diberikan kepada Telkom yang menginisiasi event ini sebagai implementasi RKB dalam memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk memperoleh akses pasar yang lebih luas melalui kegiatan pameran dan digitalisasi bisnis," tambahnya.

        Sementara itu, Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga menegaskan Telkom telah berperan dalam mendukung digitalisasi UMKM. Menurutnya, pada era serba digital ini UMKM memiliki potensi besar untuk menjadi penggerak digital ekonomi ekosistem di Indonesia.

        "Telkom mengambil peran sebagai enabler atau fasilitator untuk membangun masyarakat digital Indonesia. Salah satunya dukungan bagi para pelaku UMKM melalui RKB di mana Telkom memberikan bimbingan dan pendampingan ICT dalam operasional bisnis UMKM," terang Alex.

        Sebagai penggerak perekonomian bangsa, Alex berharap UMKM mampu bersaing dan maju ke pasar global sesuai tema pameran, yaitu Local Heroes to Global Champion.

        Telkom Craft Indonesia menghadirkan 126 UMKM terpilih dari 125 ribu UMKM binaan Telkom di seluruh Indonesia serta mitra binaan BUMN lain yang terdiri dari tiga kategori, yakni craft, fashion, dan food. Selain menghadirkan produk-produk UMKM terpilih terdapat juga talk show, konsultan bisnis, fashion show, fashion tutorial, dan penampilan menarik lainnya.

        Selain itu, sebagai pameran UMKM digital pertama di Indonesia dalam event ini pengunjung diajak untuk bertransaksi secara digital menggunakan t-cash dan blanja.com.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Boyke P. Siregar
        Editor: Cahyo Prayogo

        Bagikan Artikel: