Citi Indonesia Gandeng AJI Gelar Master Class Program: Digital Financial Literacy
Citi Indonesia menggandeng Aliansi Jurnalis Independen menggelar "Master Class Program: Digital Financial Literacy". Program pendidikan untuk Jurnalis ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan pemahaman para jurnalis terhadap dunia ekonomi dan bisnis khususnya perbankan serta teknologi, sehingga mampu mendorong tumbuhnya liputan media yang berkualitas dan mendalam.
Chief Executive Officer Citi Indonesia Batara Sianturi, mengatakan Citi Indonesia mendukung pemenuhan kompetensi jurnalis dalam menghadapi era digital, terutama guna memberikan edukasi mendalam dan komprehensif terkait digital banking dan digital financial. Melalui kerja sama Citi Indonesia dengan AJI, kolaborasi ini diharapkan mampu menjadi wadah yang membekali rekan-rekan jurnalis dengan kemampuan hard skill maupun soft skill yang mumpuni, hingga dapat menjadi agen penebar informasi yang terpercaya, edukatif dan beretika.
?Citi Indonesia menghadirkan program edukasi dan literasi finansial yang selaras dengan program pemerintah dan OJK yaitu Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI). Melalui reportase dan tulisan yang nantinya dibuat oleh para peserta program, diharapkan masyarakat dapat memilih dan memanfaatkan produk serta layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan memiliki kemampuan dalam melakukan perencanaan keuangan dengan lebih baik,? katanya usai penandatanganan kerjasasama di Jakarta, Kamis (4/5/2017).
Sementara itu, Ketua Umum AJI Indonesia Suwarjono menjelaskan AJI menyambut baik jalinan kerjasama dengan Citi Indonesia berupa pelatihan yang diharapkan mampu meningkatkan kapasitas dan kemampuan reportasenya dalam pemberitaan seputar ekonomi, bisnis, teknologi, dan lainnya.
Berita dari industri keuangan baik mengenai perbankan, investasi, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi, merupakan pengetahuan khusus yang harus dikuasai jurnalis, agar dapat menghasilkan laporan jurnalistik yang akurat dan dipercaya publik.
?AJI peduli terhadap perkembangan teknologi, khususnya jurnalisme berbasis digital. Ini dilakukan dengan mendorong pertumbuhan media baru yang berbasis digital dibarengi dengan isi yang memenuhi standar etika jurnalistik, berupa liputan mendalam dan mencerahkan. Hal inilah yang menjadikan AJI terus melakukan program-program peningkatan kapasitas jurnalis di Indonesia,? tambahnya.
Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki menuturkan kolaborasi Citi Indonesia dan AJI merupakan wujud dan upaya kami dalam menghadirkan program edukasi dan literasi keuangan yang kali ini ditujukan bagi rekan-rekan jurnalis. Dengan keunikan modul yang berfokus pada digitalisasi, kami melihat bahwa tren ini akan terus bergeliat saat ini dan di masa depan, dimana akan lahir berbagai inovasi yang akan berperan sebagai game changer, sebagai faktor disrupsi yang akan mengubah bagaimana roda perekonomian bergerak baik di Indonesia maupun secara global."
Adapun, modul program ini dirancang Citi Indonesia dan AJI dengan fokus pembelajaran mulai dari financial technology (fintech), digital banking, e-commerce, venture capital, trade financing, e-tax, Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), data visualization hingga penguatan soft skill, yang diharapkan dapat bermanfaat bagi kompetensi dan karir rekan-rekan jurnalis.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Gito Adiputro Wiratno
Editor: Hafit Yudi Suprobo
Tag Terkait: