Country General Manager Isentia Jakarta, Luciana Budiman menilai Video Blog (vlog) berjudul #BapakMintaProyek yang diposting putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, yang banyak mengutip perkataan ?ndeso? menjadi pembicaraan hangat di kalangan netizen Indonesia.?
"Vlog yang dipublikasikan sejak 27 Mei 2017 ini hingga tanggal 7 Juli telah ditonton sebanyak 2,218,774 kali." katanya dalam keterangan resmi yang diterima redaksi Warta Ekonomi di Jakarta, Selasa (11/7/2017).
Lanjutnya, berkat ujaran 'ndeso' banyak perusahaan dan brand melakukan kampanye promosi dengan memanfaatkan idiom tersebut.?
?Dari hasil monitoring yang menggunakan teknologi data intelligence, dapat kami lihat bahwa terdapat pembicaraan sejumlah 56,363 selama kurun waktu tersebut. Bahkan kata ?ndeso? ?tu sendiri akhirnya dijadikan strategi pemasaran di media sosial sehingga tidak selalu identik dengan Kaesang,? ujarnya.
Dari sisi trend pembicaraannya, tidak ada penambahan jumlah buzz secara signifikan sejak video tersebut diposting kecuali pada tanggal 5 Juli terjadi peningkatan dengan jumlah buzz mencapai 17,497 karena adanya pelaporan kepada polisi berkaitan istilah 'ndeso' yang digunakan di vlog tersebut. ?
?Saat ini fokus perhatian warga media sosial sudah mulai terbagi, dari vlog Kaesang lalu beralih ke topik pertemuan KTT G20 di Turki dan Jerman yang juga tidak kalah menariknya untuk dibahas di dunia maya,? tukasnya.
Sebelumnya, Kaesang dilaporkan atas dugaan penodaan agama dan menyebarkan ujaran kebencian. Kaesang dilaporkan ke polisi oleh Muhammad Hidayat di Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Kepolisian Resor Bekasi Kota, Jawa Barat pada 2 Juli 2017, pukul 11:00 WIB.?
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Vicky Fadil
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait: