Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Begini Strategi Bisnis Coworking Space

        Begini Strategi Bisnis Coworking Space Kredit Foto: Ning Rahayu
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Sebagai bisnis baru yang diakui oleh beberapa pemainnya masih sulit untuk bisa menguasai pasar di Indonesia, bisnis coworking space (ruang kerja) ternyata bukan merupakan bisnis instan yang bisa terlihat hasilnya dalam waktu singkat.

        Hal ini disebabkan karena masih banyaknya para pelaku UKM atau startup yang belum familiar terhadap keberadaan coworking space. Sementara target pasar yang paling utama bagi industri coworking space adalah para pelaku UKM ataupun startup yang membutuhkan ruang kerja, namun belum menjangkau untuk menyewa kantor.

        Untuk itu, para pengusaha coworking space semestinya dapat membaca situasi dan kondisi dalam melakukan pemasaran. Kemudian membuat strategi pemasaran seperti memperkenalkan produk coworking space melalui event. Coworking space bisa dipromosikan untuk menjadi tempat berbagai event menarik, sehingga secara otomatis, keberadaan, dan fungsi coworking space dapat dikenali oleh masyarakat. Hal ini diakui oleh Edy Wiharja selaku CEO Meetdesk (platform pencarian coworking space) yang juga sudah terjun untuk mengelola sebuah coworking space.

        ?Setiap tempat working space, itu pasti mereka butuh event. Nah event-event ini dari si vendor yang punya tempat itu lebih mudah buatnya. Kalau tidak ada event mereka mau lewat mana, mereka mesti iklan misalnya. Nah sementara untuk memasang iklan itu cost-nya lumayan besar,? ungkap Edy kepada Warta Ekonomi beberapa waktu lalu.

        Sementara itu, Benyamin Ruslan selaku CEO Estubizi Coworking space juga mengakui bahwa keberadaan event di sebuah coworking space akan mempermudah para pebisnisnya untuk melakukan pemasaran. Bahkan menurut Ruslan, dirinya tidak jarang menjadi sponsor untuk event-event seputar bisnis, UKM, dan Startup agar produknya bisa lebih dikenali masyarakat. Dengan menyediakan tempat event, Ruslan mengaku akan banyak orang yang mengetahui keberadaan Estubizi.

        Selain itu, Ruslan yang sempat merasakan sulitnya berbisnis di industri coworking space, karena dirinya harus menunggu selama satu tahun untuk bisa membuat keberadaan coworking space Estubizi diketahui banyak orang, mengaku bisa membuat bisnisnya survive dengan beberapa strategi jitu untuk menggaet pasar. Salah satu strategi yang dilakukannya yaitu dengan memberikan promo, bekerja sama dengan komunitas, dan rajin membuat event.

        Baginya, coworking space tanpa event atau yang tidak memiliki event space (ruang event), akan sulit untuk bertahan. Karena selain sebagai ajang promosi, event space juga menjadi ruang yang memberikan profit lebih besar bagi sebuah coworking space dibandingkan space lainnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ning Rahayu
        Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

        Bagikan Artikel: