Standard Chartered Bank terus melakukan edukasi dan literasi keuangan. Hal ini dilakukan demi meningkatkan persentase jumlah masyarakat yang well literate di Indonesia.
Kegiatan edukasi dan literasi keuangan oleh Standard Chartered Bank kali ini dilakukan di Rusunawa Jatinegara, Jakarta dengan seluruh persertanya perempuan. Dalam melaksanakan kegiatannya, perseroan menggandeng Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMMI).
Head of Corporate Affairs Standard Chartered Bank Indonesia, Dody Rochadi mengatakan kegiatan kali ini merupakan rangkaian dari komitmen Bank dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan jumlah masyarakat yang melek finansial.
?Seluruh masyarakat Indonesia tanpa melihat latar belakang dan kondisi ekonomi wajib melek finansial. Untuk itu, kami sepenuhnya mendukung program inklusi keuangan pemerintah,? kata Dody di Jakarta, kemarin.
Dody menambahkan bahwa pendidikan keuangan merupakan salah satu faktor utama untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Tanpa pendidikan keuangan yang memadai, masyarakat yang tidak melek finansial tidak dapat membuat keputusan keuangan yang tepat dan bijkasana. Pendidikan keuangan dapat membuka kesempatan bagi masyarakat untuk dapat memanfaatkan layanan keuangan yang dapat membantu mereka untuk meningkatkan kondisi ekonomi mereka.
?Dan sebagai sebuah institusi keuangan, kami memiliki tanggung jawab untuk membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberian edukasi finansial," ujarnya.
Salah satu upaya yang dilakukan Bank dalam mendorong masyarakat agar paham mengelola keuangan ialah melalui program GOAL yang diluncurkan Maret tahun ini. GOAL merupakan program Bank dalam pemberian pelatihan dan keterampilan kepada remaja puteri usia antara 12- 20 tahun di 20 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Sesuai dengan namanya, materi diberikan dalam bentuk kombinasi antara olahraga dan pelatihan keterampilan. GOAL bertujuan memberdayakan remaja puteri serta melengkapi mereka dengan rasa percaya diri serta pengetahuan ekonomi agar dapat bermanfaat di keluarga dan masyarakat.
Di Indonesia sendiri, program GOAL ini memiliki target untuk menjangkau sebanyak 1.500 remaja puteri hingga 2018. Selain bekerja sama dengan YMMI untuk melaksanakan program ini di 10 sekolah menengah pertama dan 2 rusunawa di Jakarta, Bank juga akan melaksanakan GOAL dengan melibatkan staf sebagai relawan dan akan berlangsung di 4 kota, yaitu Surabaya, Semarang, Medan, dan Denpasar.
Empat modul yang diajarkan ialah Be Money Savvy fokus pada edukasi finansial, Be Yourself fokus pada membangun cara berkomunikasi, Be Healthy fokus pada pemahaman akan kebersihan dan kesehatan diri sendiri, dan Be Empowered fokus pada pengembangan kepercayaan diri. Program GOAL di Indonesia juga turut didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Kementerian Pendidikan Nasional.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi