Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kemenkop UKM Kampanyekan Gerakan Nasional UMKM Go Online

        Kemenkop UKM Kampanyekan Gerakan Nasional UMKM Go Online Kredit Foto: Ning Rahayu
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kementerian Koperasi dan UKM sinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, pemerintah daerah, dan pelaku bisnis e-commerce mengampanyekan Gerakan Nasional digitalisasi UMKM. Gerakan ini didukung oleh 2 program pemerintah, yaitu 8 Juta UMKM dan Ekonomi Kerakyatan.?

        UMKM dipilih sebagai representasi ekonomi rakyat yang dapat menyerap tenaga kerja?lebih kurang 90% serta memberikan kontribusi sebesar 58% pada Produk Domestik Bruto Nasional.

        Ini dilakukan dalam rangka mewujudkan visi ekonomi Indonesia 2020 menjadi "The Digital Energy of Asia" yang menargetkan pertumbuhan transaksi e-commerce sebesar USD130 miliar. Melalui visi ini, ingin dicapai kekuatan ekonomi nasional berbasis UMKM.?

        Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Herustiati mengatakan ada 3,79 juta pelaku bisnis UMKM telah memanfaatkan teknologi digital atau bisnis e-commerce.?

        Dari hasil survei, berjualan online dapat meningkatkan pendapatan UMKM hingga 26% dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja yang berimbas pada peningkatan ekonomi nasional secara berkala dan bertahap.?

        "Kemenkop UKM terus mendorong upaya pemanfaatan dan optimalisasi pemanfaatan teknologi digital bagi pelaku bisnis Koperasi dan UMKM," kata Herustiati, Rabu (8/11/2017) dalam acara Gerakan Nasional UMKM Go Online di Bandung Barat bersama dengan Bupati Bandung Barat Bapak Abu Bakar dan Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkoninfo Ibu Septriana Tangkary.?

        Herustiati mengatakan Kemenkop UKM telah membuat berbagai kebijakan dan program dalam mengembangkan Koperasi dan UMKM menuju digital economy. Kebijakan itu antara lain Pendaftaran Badan Hukum Koperasi dan Perubahan Anggaran Dasar Koperasi Online; Fasilitasi promosi berbasis online (trading board); Pendampingan teknis penerapan e-commerce bagi UMKM; Peningkatan kapasitaas UMKM memasuki ekonomi digital bekerja sama dengan market places; Peningkatan kapasitas SDM KUMKM dan Mahasiswa (Vocational Training) sebagai Technopreneur; dan Pengembangan PLUT melalui Kampung UKM Digital.?

        Gerakan UMKM Go Online dilaksanakan serentak di 13 kota, yaitu Medan, Jambi, Palembang, Bekasi, Bogor, Balikpapan, Denpasar, Semarang, Tangerang Selatan, Bandung Barat, Purwakarta, Sidoarjo, dan Surabaya. Peresmian Gerakan Nasional UMKM Go Online diadakan pada 15 November di Jakarta.?

        Pelaku e-commerce yang terlibat dalam gerakan ini adalah BLANJA.com, MatahariMall.com, Lazada, Shopee, Blibli, Tokopedia, dan Bukalapak.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ning Rahayu
        Editor: Fauziah Nurul Hidayah

        Bagikan Artikel: