Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        83 Persen Pelanggan Puas dengan Layanan Samsat di Sulsel

        83 Persen Pelanggan Puas dengan Layanan Samsat di Sulsel Kredit Foto: Tri Yari Kurniawan
        Warta Ekonomi, Makassar -
        Pelayanan Samsat di 25 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan lingkup Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel meraih angka kepuasan pelanggan yang cukup tinggi. Hasil survei Institute for Social and Political Economic Issues (ISPEI) mencatat tingkat kepuasan pelanggan mencapai 83,96 persen atau senilai A.
        ?Respon masyarakat terhadap pelayanan Samsat di Sulsel sangat baik. Dari hasil survei yang kami lakukan, diperoleh tingkat kepuasan pelanggan (wajib pajak) mencapai angka 83,96 persen atau setara dengan nilai A,? ujar Imam Mujahid selaku Koordinator ISPEI saat melakukan ekspose hasil survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Kantor Bapenda Sulsel, belum lama ini.?
        Hasil survei tersebut dipaparkan Imam di hadapan para Kepala Bidang lingkup Bapenda, para Kepala UPT dan Kepala Sub Bidang. Survei itu dilakukan ISPEI menggunakan metodologi sampel sebanyak 2.250 responden, terdiri dari masyarakat pengguna layanan, masyarakat umum dan petugas pelayanan/acak.
        Menurut Imam, meski prestasi itu terbilang baik, apalagi ditambah dengan 6,60 persen pelanggan yang mengaku puas sekali, akan tetapi jajaran Bapenda ?masih dihadapkan tantangan berat. Pasalnya, masih ada pelanggan yang kurang puas mencapai angka 8,73 persen dan yang tidak puas 0,71 persen.?
        "Ini harus dicari penyebabnya, mengapa mereka tidak puas, apa karena fasilitasnya yang kurang nyaman atau pelayanan petugasnya yang belum maksimal," ucap Imam.?
        Dia juga menambahkan dari seluruh bentuk pelayanan yang diterapkan Bapenda di semua daerah, ternyata 72,95 persen responden lebih suka dengan bentuk pelayanan reguler di kantor Samsat.
        Mengenai ketepatan waktu pembayaran pajak, ternyata 62,32 persen responden selalu tepat waktu. Sisanya 30 persen sesekali menunggak dan 6,51 persen selalu menunggak. Selanjutnya ada 0,98 persen yang belum pernah membayar pajak kendaraannya.
        Menanggapi hasil survei ISPEI, Kepala Bapenda Sulsel, Tautoto TR, mengatakan capaian positif tersebut tidak membuat pihaknya berpuas diri. Toh, angka 83 persen itu kumulatif dari seluruh UPT Samsat. Bisa jadi ada UPT Samsat yang sebenarnya belum menperlihatkan kinerja yang maksimal.?
        "Memang ada UPT yang memperlihatkan prestasi pelayanan cukup baik, misalnya UPT Pendapatan Pare-pare, namun tidak sedikit UPT yang kinerjanya belum maksimal. Inilah yang harus dibenahi oleh Kepala UPT, lebih giat melakukan terobosan dan menjemput bola,? pungkasnya.?

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Tri Yari Kurniawan
        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: