Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        UKM Indonesia Ikuti Modest Fashion dan Halal Expo di Jepang

        UKM Indonesia Ikuti Modest Fashion dan Halal Expo di Jepang Kredit Foto: Ning Rahayu
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Indonesia turut berpartisipasi pada Modest Fashion dan Halal Expo yang pertama ada di Jepang. Halal Expo Japan yang telah diselenggarakan sejak 2015 memberikan perhatian besar pada industri produk halal yang makin berkembang pesat di seluruh dunia dan khususnya di Jepang.?

        Pameran berlangsung pada 21-23 November 2017 di Taito City Center Tokyo, Jepang. Paviliun Indonesia di Halal Expo Japan terdiri total 40 UKM yang didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM, Dinas Perindag Kota Bandung, Atase Pertanian, Atase Perdagangan, KBRI Tokyo, Islamic Fashion Institute (IFI), dan?satu perusahaan mandiri.

        "Sejalan dengan pelaksanaan program promosi dan perluasan akses pasar produk UKM Indonesia, pemerintah memberikan dukungan dan melihat potensi yang sangat besar untuk produk halal dan modest fashion," kata Deputi Produksi dan Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta, Selasa (27/8/2017).

        Total transaksi ritel yang diperoleh peserta UKM Indonesia selama pelaksanaan pameran sebesar Rp188.407.350. Total order buyers potensial selama tiga hari pameran berlangsung mencapai Rp16.550.530.500.

        Saat ini, Indonesia menduduki peringkat ke-10 dalam industri dan pasar halal dunia. Estimasi permintaan produk makanan halal dunia akan mengalami pertumbuhan sebesar 6,9% dalam enam tahun ke depan, yaitu dari USD1,1 triliun pada 2013 menjadi USD1,6 triliun tahun 2018.?

        Negara potensial tujuan ekspor produk halal dan modest fashion di antaranya adalah Jepang, Malaysia, Maroko, Mesir, Taiwan, Philipina, China, Australia, dan Singapura.

        Hal tersebut menunjukkan betapa besar peluang pasar internasional maupun domestik bagi produk UKM Indonesia. Indonesia menempati posisi sebagai konsumen terbesar produk makanan halal di dunia hingga mencapai nilai USD197 miliar.?

        Dalam rangkaian pelaksanaan kegiatan Halal Expo Japan juga telah berlangsung business matching dengan potensial buyer Jepang di antaranya adalah Isetan yang merupakan jaringan supermarket terbesar di Jepang dan Yagi Trading yang merupakan importir produk fesyen internasional. Diharapkan dari business matching ini dapat menciptakan jaringan pemasaran produk UKM Indonesia potensial ekspor dengan buyers Jepang dan pasar internasional pada umumnya.?

        Indonesia juga menjadi salah satu pemenang lomba desain kreatif modest fashion yang diselenggarakan oleh Halal Media Japan. Pameran Halal Expo Japan 2017 diikuti 131 exhibitor dari 7 negara, dan dikunjungi lebih dari 7.869 orang pengunjung selama 3 hari pameran berlangsung.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ning Rahayu
        Editor: Fauziah Nurul Hidayah

        Bagikan Artikel: