PT Pelindo III (Persero) hingga Oktober 2017 mencatat laba usaha sebesar Rp2,5 triliun atau meningkat 29,6 persen. Kemudian diikuti EBITDA perseroan yang tumbuh sebesar 30,6 persen menjadi Rp3,2 triliun dibandingkan realisasi sampai dengan periode yang sama tahun lalu.
"Perolehan laba periode berjalan Pelindo III mencapai Rp1,67 triliun atau meningkat 1,2 kali lipat dibandingkan targetnya. Termasuk apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year to date)," ungkap CEO Pelindo III (Persero) IGN Askhara Danadiputra, di Hotel Shangri-La, Surabaya, Rabu (29/11/2017) malam.
Ari menjelaskan bahwa pertumbuhan kinerja Pelindo III tersebut disokong oleh penjualan layanan jasa kepelabuhanan sebesar 16 persen, dengan kontribusi utama dari arus peti kemas yang terealisasi hingga 4 juta TEUs atau tumbuh sekitar 7 persen.
Ia menambahkan pula bahwa segmen usaha pelayanan jasa bongkar muat peti kemas ini memberikan kontribusi sekitar 60 persen dari total penjualan neto konsolidasi. Berdasarkan catatan Pelindo III, arus peti kemas periode Januari-Oktober 2017 yang terealisasi sebesar 3,3 juta boks meningkat 6 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 3,1 juta boks.
"Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menjadi kontributor terbesar dari layanan jasa bongkar muat peti kemas tersebut sebesar 72 persen. Pertumbuhan arus peti kemas yang dilayani oleh Pelindo III menunjukkan dampak positif perbaikan ekonomi nasional pada arus perdagangan," jelasnya.
Sementara Finance Director Pelindo III U. Saefudin Noer juga menjelaskan bahwa upaya-upaya yang telah dilakukan Pemerintah dalam menjaga kestabilan perekonomian sampai dengan awal Triwulan IV/2017, berdampak positif bagi arus perdagangan moda transportasi laut. Karenanya prospek kinerja keuangan Pelindo III hingga akhir tahun ini diproyeksikan tetap positif.
Saefudin mengungkapkan bahwa Pelindo III tetap optimis dapat membukukan pertumbuhan penjualan dan laba usaha. Dengan terus meningkatkan kinerja operasional yang mengutamakan layanan prima kepada pelanggan serta melakukan upaya efisiensi secara berkesinambungan.
"Kami berharap dapat mencapai hasil optimal pada akhir tahun 2017 sesuai dengan yang ditargetkan oleh pemerintah," pungkas Saefudin.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Mochamad Ali Topan
Editor: Fauziah Nurul Hidayah