Indonesia adalah negara dengan penghasil kopi terbesar keempat di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolumbia. Dalam sejarah, kopi di Indonesia sudah melewati perjalanan panjang dari awal masuk hingga tersebar ke penjuru Nusantara. Indonesia juga dikenal sebagai negara yang menjadi referensi produksi kopi berkualitas baik.?
Sampai hari ini, kopi Indonesia masih memiliki prospek yang sangat baik dan masih harus ditingkatkan, mengingat sampai saat ini kopi Indonesia baru mampu menyerap sekitar 35 persen produksi dalam negeri, dan sisanya, sebesar 65 persen masih diekspor.?
Kini, dengan merebaknya kedai kopi atau kafe di Tanah Air, telah meningkatkan tren penikmat kopi. Dari tahun ke tahun, tren kopi terus meningkat mengakibatkan bisnis kopi tumbuh seperti jamur di musim hujan.
Tren tumbuhnya bisnis kedai kopi tersebut dapat dilihat dari bertumbuhnya konsumsi kopi per kapita dalam negeri sekarang sudah mencapai 1,5 kg per kapita. Meskipun pada kenyataannya konsumsi dalam negeri masih di bawah konsumsi negara-negara pengimpor, seperti Jepang konsumsi per kapitanya 4 kg per tahun, Norwegia kopi per kapita 13 kg per tahun, begitu juga dengan Malaysia yang sudah mencapai 4 kg per kapita per tahun.?
Kenyataan bahwa konsumsi kopi domestik yang masih rendah, pemerintah, swasta, dan stakeholder harus mengambil peran penting dan strategis dalam mendorong tumbuhnya konsumsi lokal dan tumbuhnya kedai kopi atau kafe di tanah air melalui bentuk kebijakan dan kemudahan berwirausaha agar konsumsi dalam negeri terus meningkat dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.?
"Dengan mengedepankan slogan Indonesia Kini, Media Indonesia melihat kopi sebagai salah satu komoditas ekspor unggulan dan sebagai produk kekinian, perlu dijaga keberadaannya. Industri lokalnya terus dikembangkan, peran petani kopi dan pengusaha kedai kopi yang masih dalam skala kecil, menengah harus diberi ruang berusaha, dan dukungan dari pemerintah maupun pihak-pihak yang peduli tehadap kopi Indonesia," ujar Usman Kansong, Direktur Pemberitaan Media Indonesia di sela-sela acara pembukaan.?
Untuk itu, Media Indonesia dalam rangkaian ulang tahun ke-48 bekerja sama dengan Komunitas Koperasi Kopi Indonesia (Kokopi) dan Kopi United menggelar Festival Kopi dengan tajuk Nusantara dalam Secangkir Kopi pada 29-30 Januari 2018 di pelataran parkir gedung Media Indonesia.?
Festival tersebut menghadirkan lebih dari 25 kedai kopi dan 48 jenis kopi dari Nusantara, di antaranya kopi Malabar, Gayo, Wamena, Temanggung, Batang, Mandailing, Sidikalang, Lampung, Toraja, Java Preanger, Flores Bajawa, dan masih banyak lagi.?
"Kami berharap masyarakat antusias mengunjungi acara ini, cerdas dalam memilih kopi kesukaannya, memperoleh pengetahuan tentang kopi Indonesia yang beragam, serta merasakan langsung nikmatnya jenis-jenis kopi unggulan Nusantara, sambil menyaksikan hiburan live music, lomba barista, edukasi kopi, kopi kreatif dan talkshow yang disajikan oleh panitia," kata Direktur Utama Media Indonesia Firdaus Dayat, Senin (29/1/2018).
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ning Rahayu
Editor: Fauziah Nurul Hidayah