Hasil Riset Nielsen Indonesia menyebut total belanja iklan sepanjang 2017 mencapai Rp145 triliun. Nilai ini tumbuh 8% daripada tahun sebelumnya.
Executive Director, Head of Media Business?Nielsen Indonesia Hellen Katherina mengatakan dari total tersebut, belanja iklan dari sektor properti menyumbang 62%. Pertumbuhan sektor ini melampaui belanja iklan sektor telekomunikasi dan digital yang tercatat 30% serta belanja iklan rokok yang justru turun 17% pada kategori belanja iklan sektor non fast moving consumer goods.
"Belanja iklan sektor properti tercatat sebesar Rp4,1 triliun dan Meikarta menjadi merek dengan belanja iklan tertinggi sepanjang 2017 dengan total lebih dari Rp1,5 triliun. Ini memang belum pernah kita lihat sebelumnya," kata Hellen di Jakarta, Kamis (2/2/2018).
Setelah Meikarta, disusul Traveloka dengan total belanja iklan terbesar kedua sebesar Rp1,2 triliun dan Indomie di urutan ketiga dengan nominal sebesar Rp981,5 miliar. "Di urutan keempat adalah Vivo Smartphone yang aktif beriklan dibandingkan tahun 2016 dengan 577% peningkatan menjadi Rp823,5 miliar," tambahnya.
Dari jajaran institusi pemerintahan, Kementerian Kesehatan juga masuk dalam daftar pengiklan terbesar di tahun 2017 di urutan ke tujuh dengan total belanja iklan Rp702 miliar. Bersaing dengan Vivo, Samsung Smartphone juga masuk dalam jajaran pengiklan tertinggi dengan menghabiskan belanja iklan sebesar Rp640 miliar dan tumbuh 28%.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Fauziah Nurul Hidayah